Pengaruh penerapan model pembelajaran reflektif sifat elektrolit-nonelektrolit terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN Malang 1 / Izzatul Lailiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran reflektif sifat elektrolit-nonelektrolit terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN Malang 1 / Izzatul Lailiyah

Lailiyah, Izzatul (2013) Pengaruh penerapan model pembelajaran reflektif sifat elektrolit-nonelektrolit terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN Malang 1 / Izzatul Lailiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran reflektif refleksi hasil belajar Model pembelajaran reflektif merupakan model pembelajaran yang membantu siswa memahami materi berdasarkan pengalaman yang dimiliki sehingga mereka memiliki kemampuan menganalisis pengalaman pribadi dalam menjelaskan materi yang dipelajari khususnya kimia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran reflektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN Malang 1 Tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan populasi siswa kelas X MAN Malang 1. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel kelas X-A dan X-B. Data penelitian berupa data hasil belajar kognitif afektif psikomotorik. Instrumen yang digunakan berupaka RPP silabus worksheet dan tes tertulis yang telah divalidasi diuji reliabilitas daya beda dan tingkat kesukarannya. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap analisis butir soal analisis kemampuan awal dengan T-test pada signifikansi 945 0 05 dan analisis hasil belajar yang dialami siswa. Hasil penelitian menyatakan rata-rata hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran reflektif lebih baik dari siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional begitu pula pengelompokan nilai sangat baik dan baik pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran reflektif lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil perhitungan statistik menyatakan bahwa 945 0 05 yaitu 0 149 yang menyatakan model pembelajaran reflektif tidak memberikan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Ketidaksignifikanan ini disebabkan karena kemampuan refleksi siswa masih kurang. Kemampuan reflektif dapat meningkat seiring dengan terbiasanya siswa menggunakan model pembelajaran ini/ tidak bisa hanya 5x pertemuan. Diharapkan model pembelajaran reflektif mampu meningkatkan kemampuan afektif dan psikomotorik siswa. Beberapa saran yang dapat diberikan sebagai jalan keluar adalah pendekatan terlebih dahulu kepada siswa untuk memperkenalkan model pembelajaran yang baru penerapan hendaknya dilakkan di sekolah yang telah terbiasa dengan model pembelajaran berbasis student center materi yang digunakan menyangkut peristiwa sehari-hari seperti koloid minyak bumi dan materi lain yang sering diamati oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22012

Actions (login required)

View Item View Item