Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kimia berbasis learning cycle 5-E pada materi larutan penyangga (buffer) terhadap hasil belajar siswa kelas X semester 2 SMK Negeri 7 Malang Program Keahlian Kimia Analisis / Ary Nuraini Nachdhiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kimia berbasis learning cycle 5-E pada materi larutan penyangga (buffer) terhadap hasil belajar siswa kelas X semester 2 SMK Negeri 7 Malang Program Keahlian Kimia Analisis / Ary Nuraini Nachdhiyah

Nachdhiyah, Ary Nuraini (2013) Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kimia berbasis learning cycle 5-E pada materi larutan penyangga (buffer) terhadap hasil belajar siswa kelas X semester 2 SMK Negeri 7 Malang Program Keahlian Kimia Analisis / Ary Nuraini Nachdhiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Modul Pembelajaran Model Learning Cycle 5-E Larutan Penyangga SMK Penerapan modul berbasis Learning Cycle 5-E dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya produk yang dihasilkan dari penelitian pengembangan yang berupa modul pembelajaran berbasis Learning Cycle 5-E. Pengembangan modul tersebut masih pada tahap pengembangan dan belum pernah diuji coba efektivitasnya dalam pembelajaran di kelas. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan modul dengan model pembelajaran Learning Cycle 5-E untuk materi larutan penyangga pada siswa SMK kelas X semester 2 program keahlian kimia analisis. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran kimia pada materi larutan penyangga berbasis Learning Cycle 5-E 2) mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5-E berbantuan modul dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5-E tanpa berbantuan modul di SMK Negeri 7 Malang Program Keahlian Kimia Analisis. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasy eksperimental design). Subyek penelitian adalah siswa kelas X semester 2 SMK Negeri 7 Malang Program Keahlian Kimia Analisis tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel acak kelompok (cluster random sampling). Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Learning Cycle 5-E berbantuan modul dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran Learning Cycle 5-E tanpa berbantuan modul. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Analisis data penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis statistik berupa uji t dengan taraf signifikansi 945 0 05. Analisis statistik dilakukan dengan bantuan SPSS 16 0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterlaksanaan model pembelajaran pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5-E berbantuan modul dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5-E tanpa berbantuan modul sangat baik 2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5-E berbantuan modul dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5-E tanpa berbantuan modul. Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5-E berbantuan modul (x 773 80 55) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5-E tanpa berbantuan modul (x 773 75 04).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22010

Actions (login required)

View Item View Item