Representasi makroskopik, submikroskopik dan simbolik siswa kelas XII di sebuah SMA negeri Kota Malang terhadap sistem dan prinsip kerja sel elektrokimia / Nanang Sodikin - Repositori Universitas Negeri Malang

Representasi makroskopik, submikroskopik dan simbolik siswa kelas XII di sebuah SMA negeri Kota Malang terhadap sistem dan prinsip kerja sel elektrokimia / Nanang Sodikin

Sodikin, Nanang (2013) Representasi makroskopik, submikroskopik dan simbolik siswa kelas XII di sebuah SMA negeri Kota Malang terhadap sistem dan prinsip kerja sel elektrokimia / Nanang Sodikin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sodikin Nanang. 2013. Representasi Makroskopik Submikroskopik dan Simbolik Siswa Kelas XII di Sebuah SMA Negeri Kota Malang terhadap Sistem dan Prinsip Kerja Elektrokimia. Skripsi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dam Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Rahayu M. Ed Ph.D. (II) Drs. Prayitno M.Pd. Kata-kata kunci konsep kimia representasi makroskopik submikroskopik dan simbolik elektrokimia kualitatif 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Pemahaman konsep dasar kimia dengan benar merupakan fondasi untuk memahami konsep-konsep lain yang berkaitan dan yang lebih kompleks. Materi elektrokimia merupakan salah satu materi yang bersifat abstraks dan kompleks. Siswa harus mampu menjelaskan dan menggambarkan konsep tersebut baik secara makroskopik submikroskopik maupun simbolik untuk memahami konsep elektrokimia secara benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) representasi makroskopik submikroskopik dan simbolik (2) pola hubungan di antara ketiga tingkat representasi (3) pola pikir siswa terhadap sistem dan prinsip kerja sel elektrokimia. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Subyek penelitian adalah 12 partisipan yang dipilih secara purposive sampling di sebuah SMA Negeri Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan alat bantu pedoman wawancara dan alat perekam. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan langkah-langkah mentranskrip hasil wawancara mengidentifikasi dan mengkaji representasi seluruh partisipan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara pemeriksaan teman sejawat pengecekan partisipan dan triangulasi dengan hasil penelitian lain yang relevan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa setiap siswa memberikan representasi yang bervariasi. Temuan penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut (1) Siswa yang mampu merepresentasikan sistem dan prinsip kerja sel elektrokimia secara makroskopik submikroskopik dan simbolik dengan benar adalah semua siswa golongan atas dan sebagian siswa golongan tengah (2) Pola hubungan antar tingkat representasi yang sering ditunjukkan oleh siswa adalah hubungan representasi makroskopik-simbolik dan submikroskopik-simbolik sedangkan yang paling jarang ditunjukkan oleh siswa adalah representasi hubungan makroskopik-submikroskopik dan hubungan antar ketiga tingkat representasi (3) Peneliti juga menemukan tujuh pola pikir siswa dalam merepresentasikan aliran elektron pada sel volta serta tiga pola pikir siswa dalam merepresentasikan aliran elektron pada sel elektrolisis. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk mempersiapkan pembelajaran secara maksimal dan memahami konsepsi siswa tentang kimia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22004

Actions (login required)

View Item View Item