Al Kiswiyah, Nur Shofwah (2013) Pengembangan multimedia pembelajaran kesetimbangan kimia untuk SMA kelas XI / Nur Shofwah Al Kiswiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Multimedia Four-D Model Kesetimbangan Kimia Pembelajarankimiapadaumunyamasihmenggunakanmetodeceramahdanhanyamenggunakanbukusebagaisumberbelajar. Penggunaanbukutidakdapatmenjelaskansuatukonsepabstraksecarajelas. Untukmenjelaskankonsepabstrakdibutuhkanmedia untukmemberikangambaranagar dapatdibayangkanolehsiswa. Salah satumateri yang melibatkankonsepabstrakadalahkesetimbangankimia. Konsepabstrak yang sulitdipahamimenyebabkansiswamerasakesulitandankurangtermotivasiuntukmempelajarimaterikesetimbangankimia. Cara untukmenjelaskankonsepabstrakpadamaterikesetimbangankimiaadalahdenganmenggembangkansebuah multimedia pembelajaran yang menyajikankonsepabstrakmelalaluigambaranmikroskopisdalambentukanimasi. Tujuanpenelitianiniadalahmengembangkansebuah multimedia pembelajarankimiamaterikesetimbangankimiasertamengetahuitingkatkelayakan multimedia pembelajarankimiamaterikesetimbangankimiahasilpengembangan. Metodepengembangandalampenelitianiniadalah model Four-D yang meliputitahapdefine (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dandisseminate (penyebaran). Validasi yang dilakukanadalahvalidasi media danujiterbatasuntukmenjelaskankelayakandariproduk yang dihasilkan. Pelaksanaanvalidasi media dilakukanduatahap yaitutahappertamavalidasidesaindengan validator ahli media daridosenjurusan TEP FIP dantahapkeduavalidasimateridenganahlimateridari guru SMA Negeri 6 Malang. Pelaksanaanujiterbatasmelibatkan 10 siswa SMA kelas XI-IPA di SMA Negeri 6 Malang. Kriteriakelayakanhasilvalidasi media danujiterbatasuntuktiapitempadaangketdenganskala 1 00-4 00 yaitu 3 26-4 00 untukkriteriasangatlayak 2 51-3 25 untukkriterialayak 1 76-2 50 untukkriteriakuranglayakdanperludilakukanrevisi dan 1 00-1 75 untukkriteriatidaklayakdanperludilakukanrevisi total. Multimedia pembelajaran yang dikembangkanmemilikikarakterisitikyaitu (1) terdapatanimasiuntukmenjelaskankonsepmikroskopis (2) terdapat video untukmenjelaskankonsepmakroskopis dan (3) terdapatevaluasisebagai feedback setelahmempelajari multimedia. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkantelahmemenuhikriteriasangatlayakpadavalidasi media dengannilai rata-rata skoringsebesar 4 00 untukvalidasidesain media dan rata-rata skoringsebesar 3 50untukvalidasimateri. Ujiterbatasmemperolehnilai rata-rata skoringsebesar 3 60 yang memenuhikriteriasangatlayak. Olehkarenaitutidakperludilakukanrevisipada multimedia pembelajaran yang dikembangkan. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 03 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/22003 |
Actions (login required)
View Item |