Pengembangan multimedia pembelajaran kesetimbangan kimia untuk SMA kelas XI / Nur Shofwah Al Kiswiyah

Al Kiswiyah, Nur Shofwah (2013) Pengembangan multimedia pembelajaran kesetimbangan kimia untuk SMA kelas XI / Nur Shofwah Al Kiswiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Multimedia, Four-D Model, Kesetimbangan Kimia Pembelajarankimiapadaumunyamasihmenggunakanmetodeceramahdanhanyamenggunakanbukusebagaisumberbelajar. Penggunaanbukutidakdapatmenjelaskansuatukonsepabstraksecarajelas. Untukmenjelaskankonsepabstrakdibutuhkanmedia untukmemberikangambaranagar dapatdibayangkanolehsiswa. Salah satumateri yang melibatkankonsepabstrakadalahkesetimbangankimia. Konsepabstrak yang sulitdipahamimenyebabkansiswamerasakesulitandankurangtermotivasiuntukmempelajarimaterikesetimbangankimia. Cara untukmenjelaskankonsepabstrakpadamaterikesetimbangankimiaadalahdenganmenggembangkansebuah multimedia pembelajaran,yang menyajikankonsepabstrakmelalaluigambaranmikroskopisdalambentukanimasi. Tujuanpenelitianiniadalahmengembangkansebuah multimedia pembelajarankimiamaterikesetimbangankimiasertamengetahuitingkatkelayakan multimedia pembelajarankimiamaterikesetimbangankimiahasilpengembangan. Metodepengembangandalampenelitianiniadalah model Four-D yang meliputitahapdefine (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dandisseminate (penyebaran). Validasi yang dilakukanadalahvalidasi media danujiterbatasuntukmenjelaskankelayakandariproduk yang dihasilkan. Pelaksanaanvalidasi media dilakukanduatahap, yaitutahappertamavalidasidesaindengan validator ahli media daridosenjurusan TEP FIP dantahapkeduavalidasimateridenganahlimateridari guru SMA Negeri 6 Malang. Pelaksanaanujiterbatasmelibatkan 10 siswa SMA kelas XI-IPA di SMA Negeri 6 Malang. Kriteriakelayakanhasilvalidasi media danujiterbatasuntuktiapitempadaangketdenganskala 1,00-4,00, yaitu 3,26-4,00 untukkriteriasangatlayak, 2,51-3,25 untukkriterialayak, 1,76-2,50 untukkriteriakuranglayakdanperludilakukanrevisi, dan 1,00-1,75 untukkriteriatidaklayakdanperludilakukanrevisi total. Multimedia pembelajaran yang dikembangkanmemilikikarakterisitikyaitu: (1) terdapatanimasiuntukmenjelaskankonsepmikroskopis, (2) terdapat video untukmenjelaskankonsepmakroskopis, dan (3) terdapatevaluasisebagai feedback setelahmempelajari multimedia. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkantelahmemenuhikriteriasangatlayakpadavalidasi media dengannilai rata-rata skoringsebesar 4,00 untukvalidasidesain media dan rata-rata skoringsebesar 3,50untukvalidasimateri. Ujiterbatasmemperolehnilai rata-rata skoringsebesar 3,60 yang memenuhikriteriasangatlayak. Olehkarenaitutidakperludilakukanrevisipada multimedia pembelajaran yang dikembangkan. 

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22003

Actions (login required)

View Item View Item