Perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model learning cycle 5E dengan ekspositori pada materi konsep mol dan stoikiometri kelas X di SMK Negeri 2 Batu / Elsa Angga Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model learning cycle 5E dengan ekspositori pada materi konsep mol dan stoikiometri kelas X di SMK Negeri 2 Batu / Elsa Angga Kusuma

Kusuma, Elsa Angga (2013) Perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model learning cycle 5E dengan ekspositori pada materi konsep mol dan stoikiometri kelas X di SMK Negeri 2 Batu / Elsa Angga Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran Learning Cycle 5E ekspositori konsep mol dan stoikiometri hasil belajar Pembelajaran Kimia di SMK Negeri 2 Batu masih cenderung menggunakan model pembelajaran ekspositori sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered). Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMK Negeri 2 Batu untuk mata pelajaran kimia adalah 70 namun pada faktanya hanya 70% siswa yang memenuhi KKM Selebihnya siswa mendapat nilai yang kurang dari KKM. Oleh karena itu untuk meningkatkan prestasi dan mengurangi angka siswa yang tidak mencapai KKM diperlukan suatu jenis model pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada siswa (student centered). Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E. Pemilihan model ini disesuaikan dengan materi konsep mol dan stoikiometri yang merupakan materi pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan model pembelajaran ekspositori pada materi konsep mol dan stoikiometri (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan yang belajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental semu (quasi eksperimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X AHP SMK Negeri 2 Batu yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 63. Pemilihan sampel adalah menggunakan seluruh populasi yang ada yaitu seluruh siswa kelas X AHP. Dari pemilihan tersebut diperoleh kelas AHP A sebagai kelas kontrol dan X AHP B sebagai kelas eksperimen. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan cara analisis statistik dan analisis deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 945 0 05. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. Kelas yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E rata-rata nilainya 81 03 sedangkan siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori rata-rata nilainya 77 03. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22002

Actions (login required)

View Item View Item