Perbedaan hasil belajar materi hidrokarbon pada penerapan model pembelajaran learning cycle 5 fase dan learning cycle 5 fase-reciprocal teaching bagi siswa kelas X MAN Malang 1 / Febriana Adam

Adam, Febriana (2013) Perbedaan hasil belajar materi hidrokarbon pada penerapan model pembelajaran learning cycle 5 fase dan learning cycle 5 fase-reciprocal teaching bagi siswa kelas X MAN Malang 1 / Febriana Adam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kunci : Reciprocal Teaching, Learning Cycle 5 fase, hasil belajar, hidrokarbon Materi-materi kimia bersifat abstrak dan deskriptif sehingga diperlukan pembelajaran yang efektif untuk dapat memahami konsep ilmu tersebut. Sesuai dengan karakteristik pembelajaran Reciprocal Teaching, yaitu pertanggung jawaban individu, pembelajaran tersebut dapat digabungkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase untuk mengkonstruk pengetahuan dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase-Reciprocal Teaching pada materi hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu dengan model post-test only control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MAN Malang 1 pada tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X-E sebagai kelas eksperimen, dan kelas X-D sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara acak melalui prosedur undian. Pada kelas eksperimen diajarkan materi hidrokarbon dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase-Reciprocal Teaching, sedangkan pada kelas kontrol diajarkan materi hidrokarbon dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase. Analisis data hasil penelitian dilakukan secara deskriptif dan secara statistik. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis keterlaksanaan proses pembelajaran serta nilai afektif siswa, sedangkan analisis secara statistik digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Learning Cycle 5 fase dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase. Kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase-Reciprocal Teaching memiliki rata-rata nilai (80,56) sedangkan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase memiliki rata-rata nilai (74,58). Hasil keterlaksanaan pembelajaran kedua kelas berjalan dengan baik dengan presentase skor penilaian 84,38% untuk kelas kontrol, dan 87,05% untuk kelas eksperimen. Hasil belajar afektif siswa menunjukkan nilai rata-rata 76 untuk kelas eksperimen dan 73 untuk kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21998

Actions (login required)

View Item View Item