Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5-E pada materi hidrokarbon terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 2 Batu Program Keahlian Agribisnis Hasil Pertanian / Saifatul Husna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5-E pada materi hidrokarbon terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 2 Batu Program Keahlian Agribisnis Hasil Pertanian / Saifatul Husna

Husna, Saifatul (2013) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5-E pada materi hidrokarbon terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 2 Batu Program Keahlian Agribisnis Hasil Pertanian / Saifatul Husna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran Learning Cycle 5-E hidrokarbon hasil belajar Hidrokarbon merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran kimia di SMK. Pembelajaran materi hidrokarbon di SMK umumnya disampaikan dengan model pembelajaran ekspositori dengan melibatkan kegiatan praktikum. Hasil belajar yang dicapai siswa dengan pembelajaran tersebut masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya persentase siswa yang belum mencapai SKM yaitu sebesar 31 58%. Langkah yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah melaksanakan pembelajaran dengan model Learning Cycle 5-E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5-E dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasy experimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Batu Program Keahlian Agribisnis Hasil Pertanian Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri atas 2 kelas yaitu XI AHP A dan XI AHP B. Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan undian. Kelas XI AHP A terpilih sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI AHP B terpilih sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5-E sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Data keterlaksanaan proses pembelajaran nilai kuis nilai afektif dan nilai psikomotorik dianalisis dengan analisis deskriptif sedangkan data hasil belajar kognitif dianalisis dengan analisis statistika menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran di kelas Learning Cycle 5-E dan ekspositori termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik yaitu pada kelas Learning Cycle 5-E sebesar 94 40% dan pada kelas ekspositori sebesar 94 23%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5-E dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5-E memiliki rata-rata nilai hasil belajar kognitif sebesar 81 84 hasil belajar afektif sebesar 80 84 dan hasil belajar psikomotorik sebesar 81 50. Siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori memiliki rata-rata nilai hasil belajar kognitif sebesar 67 31 hasil belajar afektif sebesar 77 43 dan hasil belajar psikomotorik sebesar 79 90. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5-E memiliki rata-rata nilai hasil belajar lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Jadi model pembelajaran Learning Cycle 5-E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21997

Actions (login required)

View Item View Item