Pengembangan bahan ajar functional groups of carbon compounds berbasis inkuiri terbimbing / Onie Kartikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar functional groups of carbon compounds berbasis inkuiri terbimbing / Onie Kartikasari

Kartikasari, Onie (2013) Pengembangan bahan ajar functional groups of carbon compounds berbasis inkuiri terbimbing / Onie Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bahan ajar inkuiri terbimbing gugus fungsi senyawa karbon. Pembelajaran kimia menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui pembangunan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Salah satu pendekatan yang berorientasi pada pengembangan keterampilan proses sains adalah inkuiri terbimbing. Pembelajaran kimia di Indonesia mengacu pada KTSP dengan memperhatikan keragaman potensi dan karakteristik daerah sehingga mengutamakan pada pengenalan lingkungan sekitar pada siswa. Keragaman potensi dan karakteristik daerah di Indonesia dapat dikenalkan ke dunia internasional salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar berbahasa Inggris yang berpedoman pada KTSP. Adapun tujuan dari pengembangan bahan ajar ini antara lain (1) mengembangkan bahan ajar functional groups of carbon compounds berbasis inkuiri terbimbing (2) mengetahui kelayakan bahan ajar hasil pengembangan melalui validasi. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini merujuk pada Four-D Model (Model 4D) yang direkomendasikan oleh Thiagarajan dkk. Model 4D terdiri dari empat tahapan yaitu membatasi (define) merancang (design) mengembangkan (develop) dan menyebarluaskan (disseminate) namun pengembangan hanya dilakukan hingga tahap ketiga yaitu tahap develop. Data yang diperoleh dari hasil validasi berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang dianalisis sesuai dengan karakteristik komponen bahan ajar. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa Learning Material in the Topic of Functional Groups of Carbon Compounds Based on Guided Inquiry for Senior High School Grade XII yang dapat digunakan oleh guru dan mahasiswa calon guru pada khususnya. Bahan ajar dikembangkan dengan acuan utama KTSP yang terdiri dari bagian pendahuluan isi dan penutup. Bagian isi bahan ajar mencakup kegiatan belajar yang disesuaikan dengan langkah-langkah pembelajaran inkuiri terbimbing. Pada pengembangan ini ada beberapa bagian bahan ajar yang direvisi sesuai dengan komentar atau saran dari validator. Hasil validasi yang diperoleh menunjukkan persentase rata-rata sebesar 91 23% yang menggambarkan bahwa bahan ajar ini sangat layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar dan referensi bagi guru dan mahasiswa calon guru dalam membelajarkan materi gugus fungsi senyawa karbon berbasis inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21994

Actions (login required)

View Item View Item