Identifikasi konsep sukar dan kesalahan konsep stoikiometri pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2012-2013 / Putri Arum Nilawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi konsep sukar dan kesalahan konsep stoikiometri pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2012-2013 / Putri Arum Nilawati

Nilawati, Putri Arum (2013) Identifikasi konsep sukar dan kesalahan konsep stoikiometri pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2012-2013 / Putri Arum Nilawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nilawati Putri Arum. 2012. Identifikasi Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep Stoikiometri pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Malang Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Fariati M.Sc (II) Dr. Munzil Arief S.Pd M.Si. Kata Kunci konsep sukar kesalahan konsep stoikiometri tes diagnostik Stoikiometri mempelajari tentang perhitungan kimia berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam KTSP 2006. Sebelum mempelajari perhitungan kimia siswa harus memahami konsep dasar dalam stoikiometri yaitu massa atom relatif massa molekul relatif konsep mol dan tetapan Avogadro. Konsep pengertian massa atom relatif dan massa molekul relatif bersifat abstrak karena atom dan molekul tidak dapat dilihat oleh mata. Konsep abstrak berjenjang dan berkaitan menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari konsep stoikiometri. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Malang karena berdasarkan nilai ulangan stoikiometri siswa kelas XI-A1 dan XI-B1 yang tidak tuntas berturut-turut sebesar 21% dan 69% dengan nilai rata-rata ulangan kelas XI-A1 yaitu 83 9 2 sedangkan kelas XI-B1 sebanyak 69 16 6. Tujuan penelitian untuk menentukan (1) Konsep sukar yang dialami siswa berdasarkan persentase jawaban salah (PJS) lebih besar atau sama dengan 61% (2) Konsep yang paling sukar dipahami siswa (3) Kesalahan konsep yang dialami siswa berdasarkan persentase konsistensi kesalahan (PK) jawaban salah siswa lebih besar atau sama dengan 10% (4) Kesalahan konsep yang paling banyak dialami siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Malang. Penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas XI-A1 dan XI-B1 SMA Negeri 2 Malang. Jenis penarikan sampel yang digunakan adalah sampel total. Sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI-A1 dan XI-B1 berturut-turut sebanyak 28 dan 32 siswa. Instrumen penelitian merupakan revisi dari insrumen penelitian Anjarwati yaitu tes diagnostik berupa tes objektif dengan jumlah soal lebih banyak 2 soal dari 22 menjadi 24 soal dengan 4 pilihan jawaban dan wawancara. Sampel wawancara ditentukan dengan memetakan jawaban salah siswa. Siswa yang mengalami kesalahan konsep dan konsep sukar paling banyak dijadikan sampel wawancara. Perbandingan reliabilitas Anjarwati dan hasil penelitian berturut-turut sebesar 0 544 dan 0 641. Analisis validitas butir soal menggunakan korelasi biserial (Rbis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsep sukar yang dialami siswa yaitu konsep massa atom sebesar 78 57% pada kelas XI-A1 massa molekul relatif sejumlah 75% bagi kelas XI-B1 jenis partikel senyawa molekul berturut-turut sebanyak 75% dan 78 13% pada kelas XI-A1 dan XI-B1 Mr senilai 64 29% oleh kelas XI-A1 massa rumus relatif berturut-turut sebesar 92 86% dan 81 25% bagi kelas XI-A1 dan XI-B1 jenis partikel senyawa ionik sejumlah 64 29% pada kelas XI-A1 serta hubungan mol dengan massa massa molar dan jumlah partikel berturut-turut sebanyak 64 29% dan 96 88% oleh kelas XI-A1 dan XI-B1. (2) Konsep yang paling sukar dipahami siswa kelas XI-A1 dan XI-B1 adalah konsep massa rumus relatif. (3) Kesalahan konsep yang dialami siswa sebagai berikut massa atom sebesar Mm sebanyak 32 14% pada kelas XI-A1 mol sama dengan NA berturut-turut sebesar 35 71% dan 37 50% oleh siswa kelas XI-A1 dan XI-B1 massa molekul relatif merupakan massa 1 mol sejumlah 12 50% untuk kelas XI-B1 unsur merupakan partikel berturut-turut sebanyak 10 71% dan 18 75% pada kelas XI-A1 dan XI-B1 jenis partikel senyawa molekul berupa kation dan anion berturut-turut sejumlah 32 14% dan 25% massa molekul relatif bersatuan seperti massa molar senilai 17 86% pada kelas XI-A1 unsur adalah partikel senyawa ionik berturut-turut sebesar 28 57% dan 43 75% bagi kelas XI-A1 dan XI-B1 massa rumus relatif merupakan massa 1 molekul berturut-turut sebanyak 39 29% dan 15 63% oleh kelas XI-A1 dan XI-B1 jenis partikel senyawa ionik berupa molekul berturut-turut sejumlah 25% dan 28 13% bagi kelas XI-A1 dan XI-B1 jumlah mol sama sehingga memiliki massa molar yang sama berturut-turut senilai 14 29% dan 18 75% pada kelas XI-A1 dan XI-B1 serta jumlah massa zat sama dengan Ar sebesar 17 86% dan 21 88% pada kelas XI-A1 dan XI-B1. (4) Kesalahan konsep yang paling banyak dialami siswa adalah massa rumus relatif merupakan massa 1 molekul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21989

Actions (login required)

View Item View Item