Identifikasi persepsi konsep sukar dan kesalahan konsep mol dan tetapan Avogadro pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Reni Roikah - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi persepsi konsep sukar dan kesalahan konsep mol dan tetapan Avogadro pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Reni Roikah

Roikah, Reni (2013) Identifikasi persepsi konsep sukar dan kesalahan konsep mol dan tetapan Avogadro pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Malang tahun ajaran 2012/2013 / Reni Roikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Roikah Reni. 2012. Identifikasi Persepsi Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep Mol dan Tetapan Avogadro pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Malang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Fariati M.Sc. (II) Dr. Munzil Arief S.Pd. M.Si. Kata Kunci persepsi konsep sukar kesalahan konsep konsep mol tetapan Avogadro tes diagnostik. Konsep-konsep mol massa molar massa atom relatif dan massa molekul relatif yang dibahas pada konsep mol dan tetapan Avogadro yang termasuk stoikiometri merupakan salah satu konsep dasar kimia yang abstrak. Kemampuan berfikir formal diperlukan dalam pemahaman konsep abstrak. Siswa yang tidak mampu berfikir formal dapat memiliki persepsi konsep sukar terhadap konsep dasar kimia. Persepsi konsep sukar adalah konsep yang dianggap sukar bukan konsepnya yang sukar pada penelitian ditentukan dari persentase jawaban salah (PJS) lebih besar atau sama dengan 61%. Konsep sukar yang berulang merupakan salah satu penyebab siswa mengalami kesalahan konsep. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Malang kelas XI-A2 dan XI-B2 karena siswa dengan nilai ulangan stoikiometri di bawah Standar Ketuntasan Minimum (SKM) berturut-turut sebanyak 26% dan 52% dengan nilai ulangan rata-rata dan standar deviasi sebesar 80 26 12 57 dan 73 67 13 27. Revisi instrumen Vaudhi digunakan dalam penelitian pada kelas XI-A2 dan XI-B2 SMAN 2 Malang yang bertujuan untuk identifikasi (1) persepsi konsep sukar dalam konsep mol dan tetapan Avogadro yang dimiliki siswa berdasarkan persentase jawaban salah siswa (PJS) lebih besar atau sama dengan 61 % (2) konsep yang dipersepsi paling sukar oleh siswa (3) kesalahan konsep mol dan tetapan Avogadro yang dialami siswa berdasarkan persentase konsistensi jawaban salah siswa (PK) (4) kesalahan konsep yang paling banyak dialami siswa. Penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-A2 dan XI-B2 SMAN 2 Malang. Jenis penarikan sampel yang digunakan adalah sampel total. Sampel penelitian adalah kelas XI-A2 dan XI-B2 SMAN 2 Malang berturut-turut sebanyak 27 dan 33 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes diagnostik Vaudhi yang telah direvisi. Tes diagnostik berbentuk 24 soal objektif dengan 4 pilihan jawaban dan wawancara. Validitas dan reliabilitas berturut-turut sebesar 87 5% dan 0 567. Analisis validitas butir soal menggunakan korelasi biserial (Rbis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi konsep sukar yang dimiliki siswa berdasarkan persentase jawaban salah (PJS) lebih besar atau sama dengan 61% adalah konsep definisi mol massa molar massa atom relatif partikel penyusun unsur nonlogam partikel penyusun unsur logam dan partikel penyusun senyawa biner dari nonlogam-nonlogam. (2) Persepsi konsep sukar paling banyak yang dimiliki lebih dari 80 % siswa adalah definisi mol. (3) Kesalahan konsep yang dialami siswa berdasarkan persentase konsistensi jawaban salah siswa (PK) adalah menganggap satu mol memiliki jumlah partikel yang sama dengan jumlah atom dalam 1/12 g 12C gram adalah satuan dari massa molar massa molar zat tidak bersatuan g mol-1 adalah satuan A_r massa molekul relatif adalah massa molar unsur adalah partikel ion adalah partikel penyusun unsur unsur gas mulia tersusun dari molekul partikel penyusun senyawa berupa atom dan molekul unsur penyusunnya penyusun senyawa biner dari nonlogam-nonlogam berupa ion-ion satu mol senyawa mengandung satu partikel senyawa unsur yang terdiri dari 1 mol molekul dwiatom tersusun dari N_A atom molekul adalah atom partikel penyusun senyawa dari anion poliatom terdiri dari kation dan anion monoatom jumlah ion selalu sama dengan angka indeks. (4) Persentase kesalahan konsep paling banyak yaitu lebih dari 70% siswa menduga satu mol memiliki jumlah partikel yang sama dengan jumlah atom dalam 1/12 g 12C. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21988

Actions (login required)

View Item View Item