Pengembangan draf buku petunjuk praktikum kimia kelas XI semester 2 berbasis learning cycle (5E) di MAN 3 Malang / Arum Dwisetyo Arini

Arini, Arum Dwisetyo (2012) Pengembangan draf buku petunjuk praktikum kimia kelas XI semester 2 berbasis learning cycle (5E) di MAN 3 Malang / Arum Dwisetyo Arini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: buku petunjuk praktikum Kimia , Learning Cycle (5E), MAN 3 Malang Buku petunjuk praktikum adalah buku yang di dalamnya terdapat petunjuk petunjuk bagi siswa dalam melaksanakan kegiatan di laboatorium. Buku petunjuk praktikum kimia yang sering dikembangkan adalah buku petunjuk praktikum berbasis inkuiri baik inkuiri terbimbing ataupun inkuiri terbuka. Akan tetapi, petunjuk praktikum juga bisa dibuat dengan pendekatan Learning Cycle (5E). Dalam hal ini, Learning Cycle (5E) terdiri dari Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate. Pada fase Explore, siswa diajak untuk menyelidiki kegiatan melalui observasi langsung kegiatan praktikum. MAN 3 Malang memiliki peralatan laboratorium yang lengkap, namun demikian belum didukung dengan buku Petunjuk praktikum yang memadai. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk mengembangkan Petunjuk praktikum kimia di MAN 3 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan menguji kelayakan dari draf buku petunjuk praktikum kimia berbasis Learning Cycle (5E) sehingga draf Buku Petunjuk Kimia Kelas XI Semester 2 dapat diterapkan di MAN 3 Malang. Tahap yang dilakukan meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan pengembangan awal, dan pengembangan produk awal. Bila produk awal telah jadi dilakukan validasi oleh validator. Validator dalam penelitian ini adalah 2 dosen jurusan kimia, 2 guru MAN 3 Malang dan dari siswa MAN 3 Malang. Pemilihan siswa sebagai validator bertujuan untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap Buku Petunjuk Praktikum ini. Hasil validasi menunjukkan bahwa Buku Petunjuk Praktikum Kimia Kelas XI Semester 2 Di MAN 3 Malang yang telah dibuat sudah valid dengan nilai rata-rata 3,39. Begitu juga dari uji kelompok kecil yang dilakukan pada siswa MAN 3 Malang menunjukkan 58 % siswa MAN 3 Malang tertarik terhadap Buku Petunjuk Praktikum. Saran dari peneliti yang diberikan berhubungan dengan pemanfaatan (penggunaan produk) yaitu guru dapat menggunakan produk ini untuk meningkatkan prestasi siswa khususnya dalam melatih keterampilan siswa pada kegiatan praktikum. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu: (1) perlu diadakan uji coba lapangan , (2) dikembangkan lagi produk untuk kelas XI semester 2, kelas X dan Kelas XII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21982

Actions (login required)

View Item View Item