Khoirunnisa, Wardatul Jannah (2012) Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia berbasis daur belajar 6 fase untuk SMA kelas X / Wardatul Jannah Khoirunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan petunjukpraktikum DaurBelajar 6 Fase Bukuteks yang telah ada belum cukup memberikan solusi bagi pembelajaran kimia berbasis laboratorium dan tidak cukup relevan bagi kehidupan sehari-hari siswa. Karena itu perlu dikembangkan bukupetunjuk praktikum yang mampu memberikan solusi dari permasalahan tersebut salah satunya petunjuk praktikum berbasis DaurBelajar 6 Fase.DaurBelajar 6 Fasememuattahapan yang memungkinkansiswamelakukan eksplorasi pengetahuandanmemberikankesempatanmenerapkannyadalampermasalahansehari-harisehingga cocok dengan karakteristik pembelajaran kimia yang berbasis pada kerja laboratorium.Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa bukupetunjukpraktikumberbasisDaurBelajar 6 Fase yang dikhususkanuntuk SMA kelas X gunameningkatkanpemahamankonsepsiswa. Model pengembangan yang digunakanadalah model pengembanganBorg and Gall.Tahappengembanganhanyadilakukanhinggatahap ke-5karenaketerbatasanwaktudanbiaya.Olehkarenaituvalidasidilakukanhanyasebataspadavalidasiempirissecaraterbatas.Validasiisiperangkatpembelajarandilakukanoleh 1 dosenkimia 2 guru kimia SMA danujiketerbacaankelompokkecil(10 siswa SMANegeri 2 Batu). Instrumenpengumpulan data yang digunakanadalahangketdenganskalaLikert.Data yang diperolehberupa data kuantitatifdan data kualitatif.Data kuantitatifberupaskorpenilaiandariangket sedangkan data kualitatifdiperolehdarikomentar saran dankritikdari validator.Kedua data tersebutmerupakandasarmelakukanrevisipadaprodukpengembangan.Teknikanalisis data yang digunakanadalahteknikperhitungan rata-rata. Hasil pengembangan berupabukupetunjukpraktikumkimiaberbasisdaurbelajar 6 fase. Hasil validasi isi oleh dosen diperoleh nilai untuk produkpengembangan sebesar 3 2 dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi isi oleh guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 3 41 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba terbatas terhadap bukupetunjukpraktikumkimia oleh siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 3 31 dengan kriteria sangatvalid. Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa uji empiris di lapangan denganskala yang lebihbesarlayak dilakukan pada bukupetunjukpraktikumkimiaberbasisdaurbelajaruntuk SMA kelas X.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 25 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/21978 |
Actions (login required)
View Item |