Analisis pemahaman dan kesalahan konsep materi titrasi asam basa berdasarkan tingkatan taksonomi hasil belajar pada siswa kelas XI IPA 4 SMAN 3 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Fransiska Dwi Yunitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemahaman dan kesalahan konsep materi titrasi asam basa berdasarkan tingkatan taksonomi hasil belajar pada siswa kelas XI IPA 4 SMAN 3 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Fransiska Dwi Yunitasari

Yunitasari, Fransiska Dwi (2012) Analisis pemahaman dan kesalahan konsep materi titrasi asam basa berdasarkan tingkatan taksonomi hasil belajar pada siswa kelas XI IPA 4 SMAN 3 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Fransiska Dwi Yunitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemahaman konsep kesalahan konsep titrasi asam basa tingkatan taksonomi hasil belajar Kajian dalam ilmu kimia dimulai dari kajian konsep sehingga pemahaman konsep yang benar sangat diperlukan dalam mempelajari ilmu kimia. Individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam menerima dan mengartikan setiap konsep yang diajarkan. Konsep-konsep ilmu kimia yang bersifat abstrak dan saling berkaitan menyebabkan kesulitan bagi siswa untuk memahami konsep dengan benar. Kesulitan yang terjadi secara terus menerus dapat menimbulkan pemahaman yang berbeda dari pemahaman yang benar sehingga siswa dapat mengalami kesalahan konsep dalam kimia. Titrasi asam basa memiliki konsep yang sifatnya abstrak dan berkaitan dengan konsep sebelumnya. Dasar konsep titrasi asam basa adalah reaksi netralisasi beberapa konsep yang berkaitan tentang titrasi asam basa seperti konsep asam basa kuat/lemah jumlah mol asam/basa setelah pengenceran reaksi asam basa larutan penyangga dan hidrolisis garam yang semuanya merupakan konsep-konsep abstrak. Perkembangan pemahaman konsep melalui satu seri tingkatan. Tingkat pemahaman siswa dapat diukur dari kemampuan siswa menjawab soal yang diklasifikasikan berdasarkan jenjang kognitif dari Bloom. Tingkatan kognitif pada taksonomi Bloom yaitu tingkat pengetahuan (C1) pemahaman (C2) aplikasi (C3) analisis (C4) evaluasi (C5) dan mencipta (C6). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pemahaman materi asam basa berdasarkan tingkatan taksonomi hasil belajar pada siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Malang (2) mengetahui kesalahan konsep pada tingkatan taksonomi hasil belajar tingkat rendah materi titrasi asam basa siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Malang (3) mengetahui kesalahan konsep pada tingkatan taksonomi hasil belajar tingkat tinggi materi titrasi asam basa siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa terhadap materi titrasi asam basa sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk mendeteksi kesalahan konsep pada tingkatan taksonomi hasil belajar tingkat rendah dan tingkatan taksonomi hasil belajar tingkat tinggi. Pemilihan sampel memakai teknik convenience sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Malang tahun ajaran 2011/2012 berjumlah 31 siswa. Sampel memiliki karakterisitik sebagai berikut (1) sampel bukan kelas olimpiade (2) sampel bukan kelas aktif organisasi dan (3) kelas sampel memiliki nilai rata-rata kimia rendah. Penelitian ini menggunakan tes objektif dengan jumlah soal 17 butir dan memiliki 5 ii alternatif jawaban.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan tingkat pemahaman sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman materi titrasi asam basa siswa kelas berdasarkan tingkatan taksonomi hasil belajar tergolong tinggi XI IPA 4 tahun ajaran 2011/ 2012 SMA Negeri 3 Malang rata-rata persentase siswa yang menjawab benar sebesar 78 48% dengan rincian untuk persentase masing-masing (a) tingkatan taksonomi hasil belajar tingkat rendah sebesar 80 97% yang terdiri dari (1) jenjang kognitif pengetahuan (C1) sebesar 98 30% (2) pemahaman (C2) sebesar 89 20% dan (3) aplikasi (C3) sebesar 55 42% (b) tingkatan taksonomi hasil belajar tingkat tinggi sebesar 75 87% yang terdiri dari (1) jenjang kognitif analisis (C4) sebesar 83 05% (2) evaluasi (C5) sebesar 68 70% (2) kesalahan konsep pada tingkatan taksonomi hasil belajar tingkat rendah yang terdeteksi adalah (a) titik ekivalen dan titik akhir titrasi adalah dua istilah yang berdiri sendiri dan tidak memiliki hubungan (b) titik ekivalen terjadi pada saat warna larutan berubah-ubah (belum stabil) (3) kesalahan konsep tingkatan konsep tinggi yang terdeteksi adalah (a) pH pada saat titik ekivalen untuk semua jenis titrasi asam basa 7 (b) pada saat mol asam mol basa untuk semua jenis titrasi asam basa mengalami hidrolisis (3) titik akhir pada grafik merupakan titik akhir titrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21976

Actions (login required)

View Item View Item