Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer pada materi tipe- tipe reaksi senyawa organik / Ivon Fiska Fatmala - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer pada materi tipe- tipe reaksi senyawa organik / Ivon Fiska Fatmala

Fiska, Ivon Fatmala (2012) Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer pada materi tipe- tipe reaksi senyawa organik / Ivon Fiska Fatmala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran media pembelajaran kimia berbasis komputer reaksi senyawa organik Ilmu kimia mencakup materi yang beraneka ragam meliputi fakta-fakta konsep-konsep aturan-aturan prinsip-prinsip deskripsi dan peristilahan yang sebagian besar bersifat abstrak. Beberapa pokok bahasan dalam ilmu kimia yang bersifat abstrak adalah mengenai mekanisme reaksi senyawa organik. Dalam proses pembelajarannya materi tersebut diajarkan kepada peserta didik melalui metode ceramah dengan media penunjang adalah buku paket dan LKS serta bantuan media konvensional berupa mollymod. Dengan hanya berbantuan mollymod perubahan yang terjadi dari produk menjadi reaktan tidak dapat tervisualisasikan dengan baik. Oleh karena itu pengembang berupaya mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer mengenai tipe-tipe reaksi pada senyawa organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis komputer pada materi tipe-tipe reaksi senyawa organik dan mengetahui tingkat kelayakan produk media pembelajaran yang dihasilkan sebagai media pembelajaran reaksi senyawa organik. Penelitian pengembangan menggunakan rancangan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu define design develop dan disseminate. Penelitian ini hanya terbatas pada tahap develop sehingga tahap disseminate tidak dilakukan karena penelitian ini hanya melakukan uji validitas produk pengembangan. Dalam uji kelayakan hasil pengembangan ini ada dua tahap yaitu uji kelayakan untuk validasi isi dan uji kelayakan tampilan. Uji validasi isi dilaksanakan oleh dua dosen kimia UM dan dua guru kimia SMA. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung rata-rata skor kemudian dikategorikan ke dalam empat kriteria. Berdasarkan hasil analisis data uji validasi diperoleh nilai rata-rata skoring uji validasi tampilan 80 8% dan uji validasi isi 92 7% yang memenuhi kriteria layak. Selanjutnya dilakukan tahapan kesembilan yaitu merevisi media pembelajaran setelah divalidasi. Revisi dilakukan berdasarkan masukan tidak terstruktur dari keempat validator. Hasil penelitian pengembangan berupa berupa soft file media pembelajaran kimia yang dikemas dalam CD dan dilengkapi dengan program auto run. Media pembelajaran kimia yang dihasilkan memiliki cover dan lima bagian utama yaitu pendahuluan reaksi subtitusi reaksi adisi reaski eliminasi dan evaluasi. Media ini dapat digunakan oleh guru dalam memberikan penjelasan mengenai reaksi senyawa organik di kelas. Selain itu juga dapat digunakan oleh peserta didik dan mahasiswa jurusan kimia secara mandiri sebagai materi pengayaan jika mereka ingin mempelajari mekanisme reaksi senyawa organik lebih jauh. Penggunaan media pembelajaran dapat dilakukan secara linear atau secara runtut berdasarkan urutan menu utama yang disajikan ataupun secara acak berdasarkan keinginan dan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21974

Actions (login required)

View Item View Item