Identifikasi persepsi konsep sukar dan kesalahan konsep buffer pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Chujjatul Arofah - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi persepsi konsep sukar dan kesalahan konsep buffer pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Chujjatul Arofah

Arofah, Chujjatul (2012) Identifikasi persepsi konsep sukar dan kesalahan konsep buffer pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2011/2012 / Chujjatul Arofah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kunci persepsi konsep sukar kesalahan konsep buffer Salah satu tujuan mata pelajaran kimia berdasarkan kurikulum 2006 adalah siswa dapat memahami konsep serta keterkaitannya. Tujuan yang diharapkan tersebut dapat tercapai jika siswa dapat memahami konsep dasar kimia dengan benar karena pemahaman konsep dasar yang salah dapat menyebabkan siswa mengalami kesukaran dalam memahami konsep yang berkaitan dan bersifat lebih kompleks. Kesukaran yang terjadi secara terus menerus akan menyebabkan terjadi kesalahan konsep. Konsep kimia yang diteliti adalah konsep buffer. Penelitian yang dilaksanakan pada kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang bertujuan untuk mengidentifikasi (1) konsep yang dipersepsikan sukar oleh siswa (2) konsep yang paling banyak dipersepsi sukar oleh siswa dan (3) kesalahan konsep yang dialami siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 6 kelas dan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 dan XI IPA 5. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling karena sampel tidak diambil secara acak namun menggunakan area kelas. Instrumen pada penelitian berupa tes diagnostik sebanyak 17 butir soal. Soal berupa pilihan ganda dengan lima alternatif pilihan jawaban yang diperkuat dengan alasan pemilihan jawaban dan hasil wawancara. Tes diagnostik yang digunakan sebagai instrumen penelitian memiliki realibilitas sebesar 0.68 dan validitas instrumen sebesar 89%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep yang dipersepsikan sukar oleh siswa adalah (a) konsep komponen penyusun buffer (b) konsep penentuan sifat asam atau basa buffer (c) konsep efek ion senama dan (d) konsep prinsip kerja buffer. (2) persepsi konsep sukar yang paling banyak dimiliki siswa adalah konsep penentuan sifat asam atau basa pada buffer dengan PJS sebesar 95%. (3) kesalahan konsep yang dialami siswa adalah menganggap (a) komponen penyusun buffer asam terdiri dari asam lemah dan basa konjugatnya (akseptor lebih dari satu proton) dengan presentase 6% (b) sifat asam atau basa buffer ditentukan oleh asam atau basa kuat dari komponen penyusunnya sebanyak 11% (c) ion senama tidak mempengaruhi pergeseran kesetimbangan sejumlah 5% (d) asam kuat yang ditambahkan tidak bereaksi dengan buffer yang juga bersifat asam sehingga pH buffer konstan ada 16% siswa (e) spesi basa kuat yang ditambahkan menetralkan buffer yang bersifat asam terdapat 9% siswa (f) OH- dari basa kuat dinetralisasi oleh spesi H dari buffer sebesar 20% dan (g) harga Ka turun jika larutan diencerkan yaitu 1% dari jumlah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21970

Actions (login required)

View Item View Item