Analisis hakikat sains (the nature of scince) dalam buku ajar kimia SMA berbasis KTSP kelas X / Muchamad Syukron - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis hakikat sains (the nature of scince) dalam buku ajar kimia SMA berbasis KTSP kelas X / Muchamad Syukron

Syukron, Muchamad (2012) Analisis hakikat sains (the nature of scince) dalam buku ajar kimia SMA berbasis KTSP kelas X / Muchamad Syukron. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci content analysis buku ajar kimia hakikat sains. Dewasa ini tujuan pendidikan sains adalah agar siswa memiliki literasi ilmiah. Literasi ilmiah membutuhkan pengetahuan sains yang berupa produk proses pemahaman hakikat sains dan interaksi sains-teknologi-sosial. Literasi ilmiah sangat berkaitan dengan hakikat sains. Agar siswa memahami literasi ilmiah maka seyogyanya pengajaran sains tidak meninggalkan aspek-aspek hakikatsains. Buku ajar merupakan sumber belajar yang mempunyai peran strategis bagi guru dan siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi aspek-aspek hakikat sains yang terdapat dalam buku ajar kimia kelas X. Jenis penelitian adalah analisis isi (content analysis) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Langkah-langkah dalam penelitian meliputi 1) menentukan topik penelitian 2) menentukan sampling 3) menentukan variabel 4) menyusun kategori pengkodean dan 5) menarik kesimpulan. Sampel merupakan buku ajar kelas X berbasis KTSP yang beredar di kota Malang yaitu penerbit Erlangga Yudistira dan ESIS. Pengambilan data dilakukan dengan menganalisis dan membaca secara mendalam tiap paragraf dan mencatatnya dalam lembar indikator aspek hakikat sains kemudian memberikan skor -3 sampai 3 tiap indikator yang muncul pada buku yang diteliti. Aspek hakikat sains yang diteliti yaitu empiris inferensial kreatif theory driven tentatif metode ilmiah teori ilmiah hukum ilmiah sosial sains dan penanaman sains dalam sosial dan budaya. Reliabilitas penelitian diuji dengan metode interrater reliability yang selanjutnya dihitung dengan koefisien Kappa. Hasil pengujian interrater reliability sebesar 0 69 (kuat). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil analisis reliabel dan valid. Buku yang memuat aspek hakikat sains secara eksplisit dan benar akan mendapat skor 30 tetapi buku yang diteliti banyak memuat aspek hakikat sains secara implisit. Ketiga buku tidak ada yang mendapat skor lebih dari 15. Buku A B dan C secara berurutan mendapat skor 6 9 dan 8. Ketiga buku ajar Kimia SMA Berbasis KTSP Kelas X banyak memunculkan aspek empiris dibandingkan dengan aspek hakikatsains yang lain. Persentase aspek empiris pada buku A B dan C secara berurutan adalah 18 57% 25 42% dan 21 54%. Aspek hakikat sains (77%) dimuat secara implisit dalam buku ajar Kimia SMA Kelas X sehingga pesan tentang aspek hakikat sains kurang mendapat perhatian oleh pembaca (siswa). Penyampaian aspek hakikat sains secara implisit kurang bermakna dibandingkan dengan penyampaian secara eksplisit. Oleh sebab itu buku ajar kimia SMA Kelas X belum menampakkan aspek hakikat sains. Ditemukan pada buku ajar Kimia SMA Berbasis KTSP Kelas X penulis menyampaikan aspek hakikat sains secara na ve yaitu buku A pada aspek metode ilmiah dan theory driven serta buku C pada aspek metode ilmiah. Oleh sebab itu sebaiknya aspek hakikat sains disampaikan dengan benar dan eksplisit di dalam buku ajar dan dalam proses pembelajaran sains di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21967

Actions (login required)

View Item View Item