Menggali konsepsi ikatan ionik dan ikatan kovalen siswa kelas X SMAN 3 Malang melalui pendekatan fenomenografi / Iffatul Muna - Repositori Universitas Negeri Malang

Menggali konsepsi ikatan ionik dan ikatan kovalen siswa kelas X SMAN 3 Malang melalui pendekatan fenomenografi / Iffatul Muna

Muna, Iffatul (2012) Menggali konsepsi ikatan ionik dan ikatan kovalen siswa kelas X SMAN 3 Malang melalui pendekatan fenomenografi / Iffatul Muna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Konsepsi Ikatan Ionik Ikatan Kovalen Pendekatan Fenomenografi Pemahaman konsep ikatan ionik dan ikatan kovalen merupakan hal yang penting bagi siswa karena mendasari sebagian besar topik lain dalam ilmu kimia. Konsep tersebut merupakan konsep yang abstrak dan tidak berhubungan langsung dengan pengalaman sehari-hari siswa. Hal ini menyebabkan sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami ikatan ionik dan ikatan kovalen dan memiliki berbagai konsep alternatif. Jika konsep alternatif ini dibiarkan maka akan menimbulkan masalah-masalah belajar di masa yang akan datang. Oleh karena itu diperlukan suatu penelitian untuk menggali secara mendalam pemahaman siswa pada materi ikatan ionik dan ikatan kovalen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keragaman konsepsi siswa pada materi ikatan ionik dalam bentuk kategori deskripsi (2) mengetahui keragaman konsepsi siswa pada materi ikatan kovalen dalam bentuk kategori deskripsi (3) mengetahui konsep alternatif siswa pada materi ikatan ionik dan ikatan kovalen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan fenomenografi. Peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian dibantu dengan protokol wawancara. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Malang dengan sampel 30 siswa kelas X yang dipilih dengan teknik purposif sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan in-depth interview dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mentranskrip rekaman wawancara menganalisis dan mengkategorikannya. Pengujian keabsahan hasil temuan dilakukan dengan teknik verifikasi transkrip dengan hasil wawancara oleh teman sejawat teknik co-judging dan check re-check. Pada teknik co-judging diperoleh reliabilitas sebesar 90 00% pada materi ikatan ionik dan 93 33% pada materi ikatan kovalen. Pada teknik check re-check diperoleh reliabilitas sebesar 90 00% baik pada materi ikatan ionik dan ikatan kovalen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh temuan penelitian sebagai berikut Konsepsi siswa pada materi ikatan ionik (1) ikatan ionik merupakan ikatan antara atom logam dan nonlogam (2) ikatan ionik terjadi karena proses transfer elektron (3) ikatan ionik terjadi karena proses tukar menukar muatan dan (4) ikatan ionik terjadi karena gaya tarikan elektrostatik yang ditimbulkan oleh kation dan anion Konsepsi siswa pada materi ikatan kovalen (1) ikatan kovalen merupakan ikatan antaratom nonlogam (2) ikatan kovalen terjadi karena proses sharing elektron dan (3) ikatan kovalen terjadi karena peristiwa overlap. Konsep alternatif yang ditemukan berkaitan dengan konsep aturan oktet ikatan kimia termasuk ikatan ionik dan ikatan kovalen jari-jari ion dan kepolaran ikatan. Implikasi hasil penelitian ditujukan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih baik pada materi ikatan ionik dan ikatan kovalen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21966

Actions (login required)

View Item View Item