Menggali konsepsi siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang tentang fenomena pelarutan dalam kehidupan sehari-hari dengan pendekatan fenomenografi / Novita Agustina

Agustina, Novita (2012) Menggali konsepsi siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang tentang fenomena pelarutan dalam kehidupan sehari-hari dengan pendekatan fenomenografi / Novita Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: pelarutan, kejenuhan, pengadukan, air, minyak, fenomenografi, konsep alternatif Mata pelajaran kimia masih dianggap sulit oleh sebagian siswa. Hal ini berkaitan dengan perlu dipahaminya tentang tiga aspek kimia yang saling menunjang yaitu makroskopis, submikroskopis, dan simbolik untuk memperoleh konsep kimia yang utuh. Jika diantara ketiga aspek tersebut ada yang tidak dipahami, maka akan menimbulkan pemahaman yang tidak menyeluruh dan menimbulkan berbagai konsepsi siswa. Pelarutan adalah fenomena yang setiap hari dijumpai dan merupakan salah satu konsep kimia yang mencangkup ketiga aspek tersebut. Penelitian bertujuan untuk menggali konsepsi siswa tentang fenomena pelarutan diantaranya proses pelarutan, kejenuhan, konsentrasi larutan, pengaruh pengadukan terhadap kecepatan pelarutan serta miscibility. Penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptitif kualitatif dengan pendekatan fenomenografi. Data penelitian berupa transkrip hasil wawancara dan dokumentasi hasil gambaran partikel siswa. Peranan peneliti adalah sebagai instrumen, pengumpul data, serta penganalisis data. Sampel penelitian sebanyak 30 siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dibantu pedoman wawancara dan dokumentasi. Dari rekaman wawancara, dibuat transkrip wawancara, dianalisis, dan dibuat kategori deskripsi. Pengujian keabsahan temuan dilakukan dengan verifikasi oleh teman sejawat, co-judging, dan chek-rechek. Dari co-judging diperoleh reliabilitas tinggi, yaitu 89,3-96,3%, sedangkan dari hasil check-recheck juga diperoleh reliabilitas tinggi yaitu 83,3-96,3%. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kategori deskripsi sebagai berikut. (1) Konsepsi siswa mengenai konsep pelarutan, didapatkan lima kategori yaitu a) celah antar partikel pelarut, b) degradasi zat terlarut, c) bercampurnya zat terlarut dengan pelarut, d) terurainya zat terlarut, e) lelehnya zat terlarut, (2) Konsepsi siswa mengenai konsep kejenuhan, diperoleh empat kategori yaitu a) celah antar partikel pelarut, b) kemampuan melarutkan, c) batas konsentrasi, d) Q>Ksp (3) Konsepsi siswa mengenai konsep konsentrasi, diperoleh tiga kategori yaitu: a) banyaknya zat terlarut yang dapat larut (kelarutan), b) banyaknya zat terlarut yang ditambahkan, c) kepekatan (4) Konsepsi siswa mengenai pengaruh pengadukan terhadap kecepatan pelarutan, diperoleh tiga kategori yaitu a) tumbukan/gesekan antar partikel, b) degradasi zat terlarut, c) melelehnya zat terlarut; (5) Konsepsi siswa mengenai daya campur (micibility), diperoleh empat kategori: a) sifat cairan, b) jarak antar partikel, c) massa jenis, d) konsentrasi. Dari hasil analisis, siswa cenderung memahami fenomena dari aspek makroskopisnya dan siswa juga kurang tepat dalam menginterpretasikan tulisan di buku sehingga menimbulkan pemahaman yang tidak tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21961

Actions (login required)

View Item View Item