Pengembangan paket layanan informasi studi lanjut pada sekolah kedinasan bagi siswa SMA / Dwi Anita Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket layanan informasi studi lanjut pada sekolah kedinasan bagi siswa SMA / Dwi Anita Agustina

Agustina, Dwi Anita (2015) Pengembangan paket layanan informasi studi lanjut pada sekolah kedinasan bagi siswa SMA / Dwi Anita Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustina Dwi Anita. 2015. Pengembangan Paket Layanan Informasi Studi Lanjut pada Sekolah Kedinasan bagi Siswa SMA.Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Muslihati S.Ag M.Pd (II) Dr. H. M. Ramli M.A. Kata Kunci pengembangan paket layanan informasi studi lanjut sekolah kedinasan siswa SMA Studi lanjut merupakan salah satu pilihan yang dapat diambil oleh siswa SMA setelah lulus sekolah yaitu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Salah satu alternatif pilihan perguruan tinggi ialah sekolah kedinasan. Siswa SMA kurang mendapatkan informasi yang lengkap tentang semua perguruan tinggi tersebut sehingga konselor perlu memberikan layanan informasi studi lanjut kepada siswa. Bahkan siswa belum mengenal sekolah kedinasan yang dapat dijadikan salah satu alternatif pilihan studi lanjut bagi siswa SMA. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan paket layanan informasi studi lanjut pada sekolah kedinasan bagi siswa SMA yang berterima secara teoretik dan praktis berdasarkan aspek ketepatan kebergunaan kelayakan dan kemenarikan. Produk ini terdiri dari buku panduan konselor dan siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian prosedural yang bersifat deskriptif dengan menggunakan tahap-tahap penelitian pengembangan dari Borg and Gall yang dimodifikasi Sukmadinata. Tahapan-tahapan tersebut yaitu studi pendahuluan (kajian pustaka dan need assesment) pengembangan produk dan uji produk. Produk ini telah melalui penilaian dari ahli dan calon pengguna yang mengandung empat aspek penilaian yaitu ketepatan kebergunaan kelayakan dan kemenarikan. Berdasarkan hasil penilaian yang telah diberikan oleh ahli materi ahli media calon dan uji kelompok kecil diketahui bahwa produk yang dikembangkan oleh peneliti termasuk ke dalam kategori sangat baik . Sehingga produk yang dikembangkan dapat dijadikan media untuk mempermudah konselor dalam memberikan layanan informasi studi lanjut pada sekolah kedinasan. Saran dari penelitian ini adalah (1) konselor dapat menggunakan produk ini sebagai media dalam menyampaikan layanan informasi bimbingan karier dengan metode yang bervariasi agar menimbulkan keaktifan dan antusias siswa serta konselor perlu menghimbau siswa untuk aktif dalam mencari informasi terbaru dari sekolah kedinasan yang diminati siswa (2) siswa dapat menggunakan produk ini sebagai sumber informasi tentang studi lanjut pada sekolah kedinasan sebagai alternatif pilihan studi lanjut (3) disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk dapat menguji keefektifan produk dan mengembangkan produk ini dengan berbasis IT serta memperbaharui informasi yang akan disajikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2196

Actions (login required)

View Item View Item