Menggali konsepsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang tentang reaksi kimia dengan pendekatan fenomenografi / Yunilia Nur Pratiwi

Pratiwi, Yunilia Nur (2012) Menggali konsepsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang tentang reaksi kimia dengan pendekatan fenomenografi / Yunilia Nur Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : pemahaman konsep, konsep alternatif, reaksi kimia, pendekatan fenomenografi Dalam KTSP 2006 disebutkan bahwa salah satu tujuan pem?¼be?¼la?¼jaran kimia di SMA adalah agar peserta didik memiliki ke?¼mam?¼pu?¼an un?¼tuk me?¼ma?¼hami konsep, prin?¼?¼sip, hu?¼kum, dan teori kimia serta saling ke?¼ter?¼kai?¼tan?¼nya dan pe?¼?¼nerapannya u?¼n-tuk men?¼je?¼las?¼kan masalah dalam kehidupan sehari-ha?¼ri dan tek?¼no?¼logi. Agar tujuan ter?¼sebut dapat ter?¼ca?¼pai, maka siswa dituntut un?¼tuk memahami konsep kimia de-ngan benar dengan cara mengaitkan mengaitkan konsep dan fe?¼no?¼mena yang berhubungan dengan menggunakan gambaran makroskopik, submikros?¼ko?¼pik, dan sim?¼bolik. Tidak dipahaminya salah satu aspek menyebabkan siswa kesu?¼li?¼tan memahami konsep dan memungkinkan munculnya konsep alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan kategori deskripsi yang meng?¼gam?¼bar?¼kan konsepsi siswa tentang reaksi kimia dan (2) mengetahui kon?¼sep alternatif sis?¼wa tentang reaksi kimia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pen?¼dekatan fenomenografi. Instrumen penelitian adalah peneliti dengan menggunakan alat ban?¼tu pedowan wawancara. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 1 Malang de?¼ngan sampel penelitian siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang yang dipilih secara purposif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Data penelitian berupa trans?¼krip hasil wawancara dan gambaran siswa mengenai proses terjadinya reaksi kimia pada ting?¼kat partikel. Proses analisis data dilakukan dengan mentranskrip hasil wawancara, meng?¼ana?¼lisis, kemudian mengkategorikan jawaban siswa bedasarkan kemiripannya ke dalam be?¼be?¼ra?¼pa kategori deskripsi. Untuk menguji keabsahan hasil temuan, dilakukan verifikasi hasil wa?¼wancara dengan teman sejawat, proses co-judging, dan check re-check. Hasil penelitian diperoleh lima kategori deskripsi yang menggambarkan konsepsi siswa tentang reaksi kimia. Kategori tersebut disusun secara berjenjang sesuai dengan pertambahan tingkat pemahaman, yaitu (1) proses perpindahan; (2) proses modifikasi; (3) proses transmutasi; (4) proses transformasi; dan (5) proses interaksi kimia. Dalam kategori deskripsi juga ditemukan beberapa konsep alternatif. Implikasi dari hasil penelitian berupa penggunaan pendekatan dan metode pembelajaran yang bersifat student centered, pentingnya pengetahuan awal siswa, dan penggunaan media pembelajaran.  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21951

Actions (login required)

View Item View Item