Pengaruh media digital dengan model pembelajaran STAD pada materi kimia hidrokarbon terhadap prestasi belajar siswa kelas X tahun ajaran 2011/2012 di SMAQ Negeri 01 Kesamben / Arief Agung Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media digital dengan model pembelajaran STAD pada materi kimia hidrokarbon terhadap prestasi belajar siswa kelas X tahun ajaran 2011/2012 di SMAQ Negeri 01 Kesamben / Arief Agung Wibowo

Wibowo, Arief Agung (2012) Pengaruh media digital dengan model pembelajaran STAD pada materi kimia hidrokarbon terhadap prestasi belajar siswa kelas X tahun ajaran 2011/2012 di SMAQ Negeri 01 Kesamben / Arief Agung Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media digital hidrokarbon model pembelajaran STAD. Materi kimia hidrokarbon mengandung beberapa materi yang abstrak mengenai sifat kimia dan pembuatan hidrokarbon. Penggunaan media digital untuk mengkonkritkan konsep abstrak dapat menjadi alternatif yang tepat dalam meningkatkan proses pembelajaran dan akan lebih maksimal lagi apabila menggunakan model pembelajaran STAD sebagai salah satu model pembelajaran konstruktivisme. STADdapat dikombinasikan dengan media digital ketika siswa memperoleh materi pelajaran sebagai pengetahuan awal. Penggunaan media digital dengan model pembelajaran STADdiharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan dalama penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimental semu (Quasy Experimental Design). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 01 KesambenTahun Ajaran 2011/ 2012 seluruh siswa tersebar dalam7 kelas. Kemudian diambil dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan model STADdengan bantuan media digital sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran dengan model STAD saja. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan non tes. Instrumen tes berupa ulangan harian yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa sedangkan non tes berupa check list keterlaksanaan pembelajaran STAD. Analisis prestasi belajar dilakukan dengan menggunakan uji-t dua pihak (two tail test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan model STAD berjalan dengan baik di SMAN 01 Kesamben.(2) Prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model STAD dengan bantuan media digital lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan model STAD saja dimana kelas yang diajarkan dengan model STAD diperoleh ketuntasan 79 31% sedangkan kelas yang diajarkan menggunakan model STAD dengan bantuan media digital diperoleh ketuntasan 88 24 %. Sehingga dapat disimpulkanada pengaruh penggunaan media digital dengan model pembelajaran STADterhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon siswa kelas X tahun ajaran 2011/2012 SMAN 01 Kesamben.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21948

Actions (login required)

View Item View Item