Kajian keterampilan proses sains dan hasil belajar teori asam basa pada pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Turen / Oktyas Shinta Mayasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian keterampilan proses sains dan hasil belajar teori asam basa pada pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Turen / Oktyas Shinta Mayasari

Mayasari, Oktyas Shinta (2012) Kajian keterampilan proses sains dan hasil belajar teori asam basa pada pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Turen / Oktyas Shinta Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar inkuiri terbimbing keterampilan proses sains teori asam basa Sistem pembelajaran kimia tidak hanya belajar mencari informasi saja akan tetapi belajar untuk mengungkap fakta dan fenomena melalui eksperimen. Sebagaimana seorang kimiawan belajar diharapkan siswa mampu mengumpulkan fakta dan data dari hasil pengamatan. Ilmu kimia bukan hanya dipandang sebagai ilmu pengetahuan akan tetapi sebagai proses sains oleh karena itu kimia diterapkan dengan bentuk keterampilan proses yang mampu melatih siswa untuk berfikir sains. Asam basa merupakan salah satu materi yang sulit dipahami dan sebagai pokok pengantar materi selanjutnya yaitu buffer hidrolisis kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih menekankan pada penguasaan konsep oleh siswa yang didasari suatu percobaan agar mampu mengembangkan kemampuan berfikirnya dari analisis data percobaan. Tujuan penelitian adalah mengkaji hubungan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar kognitif siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 18 Januari sampai 6 Februari 2012 dengan tempat penelitian kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Turen. Alat untuk mengukur keterampilan proses sains yaitu lembar kerja siswa (LKS) lembar observasi rubrik penilaian. Alat yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berupa 20 soal tes pilihan ganda yang telah valid. Pengumpulan data dilakukan dengan tes untuk mengambil hasil kognitif siswa sedangkan lembar observasi digunakan untuk melihat hasil afektif dan psikomotor siswa. Hasil analisis data terdiri dari keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase sebesar 100% keterampilan proses sains persentase ketuntasan 52 5% sedangkan hasil belajar kognitif persentase ketuntasannya sebesar 52 5%. Secara umum kelompok siswa dengan nilai rata-rata keterampilan proses sains tinggi disertai dengan rata-rata hasil belajar kognitif yang tinggi pula dan begitu pula sebaliknya. Mayoritas siswa kelompok atas memiliki hasil belajar kognitif lebih dari hasil rata-rata kognitif kelompok bawah tetapi 19% hasil belajar kognitif siswa kelompok atas masih di bawah hasil rata-rata kognitif kelompok bawah. Sedangkan mayoritas siswa kelompok bawah memiliki hasil belajar kognitif kurang dari hasil rata-rata kelompok atas tetapi 36 8% hasil belajar kognitif siswa kelompok bawah sudah di atas hasil rata-rata kognitif kelompok atas. Sehingga tidak semua siswa yang memiliki keterampilan proses sains tinggi memiliki hasil belajar yang tinggi pula sebaliknya tidak semua siswa yang memiliki keterampilan proses sains rendah memiliki hasil belajar yang rendah pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21946

Actions (login required)

View Item View Item