Pengembangan dan penerapan inbstrumen diagnostik Two-Tier dalam mengidentifikasi miskonsepsi siswa tentang atom dan molekul di SMA Negeri 5 Malang / Laili Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan dan penerapan inbstrumen diagnostik Two-Tier dalam mengidentifikasi miskonsepsi siswa tentang atom dan molekul di SMA Negeri 5 Malang / Laili Rachmawati

Rachmawati, Laili (2012) Pengembangan dan penerapan inbstrumen diagnostik Two-Tier dalam mengidentifikasi miskonsepsi siswa tentang atom dan molekul di SMA Negeri 5 Malang / Laili Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Atom dan Molekul Two-Tier Miskonsepsi Kimia merupakan cabang ilmu pengetahuan alam (IPA) yang merupakan suatu produk temuan ilmuwan berupa fakta konsep hukum teori yang diperoleh melalui proses kerja ilmiah yang berhubungan dengan sifat struktur reaksi energi dan perubahan materi. Bahan kajian utama dalam ilmu kimia adalah konsep. Sebagian besar konsep dalam ilmu kimia berupa konsep abstrak. Dalam pembelajaran sains konsep abstrak sangat sulit untuk dipahami sehingga memungkinkan terjadinya miskonsepsi ditemukan pada konsep ini. Salah satu konsep abstrak dalam ilmu kimia adalah konsep atom dan molekul. Dari berbagai penelitian menunjukkan siswa SMA masih mengalami kesulitan memahami konsep atom dan molekul dan banyak miskonsepsi yang ditemukan pada konsep ini. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen diagnostik two-tier tentang konsep atom dan molekul dan mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep atom dan molekul. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif yang dilakukan di SMA Negeri 5 Malang dengan subjek penelitian kelas XI IPA 2 XI IPA 3 XI IPA 4 XI IPA 6 sebanyak 133 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen diagnostik twotier dengan jumlah soal sebanyak 15 soal. Instrumen diagnostik two-tier atom dan molekul ini memiliki tingkat kevalidan sebesar 91.67% dan nilai Cronbach 945 - reliability sebesar 0.739. Dalam penelitian ini ditemukan 15 jenis miskonsepsi tentang atom dan molekul yang terdiri dari 11 jenis miskonsepsi tentang konsep atom (ukuran massa struktur atom gerak model atom dan persepsi tentang atom) serta 4 jenis miskonsepsi tentang konsep molekul (ukuran massa gerak dan kandungan molekul dalam suatu zat). Hasil penelitian yang menunjukkan miskonsepsi paling menonjol sebesar 72.18% pada konsep gerak molekul dalam suatu zat yaitu siswa menganggap molekul air pada zat padat (es) tidak bergerak karena ikatan antar molekulnya sangat kuat. Sebesar 60.15% pada konsep struktur atom yaitu elektron merupakan partikel penyusun atom yang mengelilingi inti atom seperti sistem tata surya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21945

Actions (login required)

View Item View Item