Indentifikasi pemahaman konseptual, algoritmik, dan grafik siswa XI IPA SMA Negeri 1 Malang pada materi laju reaksi / Lia Hidayatul Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Indentifikasi pemahaman konseptual, algoritmik, dan grafik siswa XI IPA SMA Negeri 1 Malang pada materi laju reaksi / Lia Hidayatul Fitria

Fitria, Lia Hidayatul (2012) Indentifikasi pemahaman konseptual, algoritmik, dan grafik siswa XI IPA SMA Negeri 1 Malang pada materi laju reaksi / Lia Hidayatul Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemahaman konseptual pemahaman algoritmik pemahaman grafik laju reaksi Pemakaian media grafik dalam kimia banyak digunakan untuk menyampaikan informasi dari suatu fakta dan konsep dalam materi pembelajaran seperti kesetimbanganan kimia laju reaksi titrasi asam basa sistem periodik unsur dan lainlain sehingga pemahaman grafik menjadi penting disamping pemahaman konseptual dan algoritmik. Penelitian yang membandingkan ketiga aspek secara langsung yaitu pemahaman konseptual algoritmik dan grafik dalam materi kimia masih sangat jarang dilakukan. Sementara itu materi laju reaksi dipilih karena materi ini banyak melibatkan konsep perhitungan matematis serta grafik yang memungkinkan untuk diukur pemahaman konseptual algoritmik dan grafik yang dimiliki oleh siswa. Berkaitan dengan itu maka perlu dilakukan penelitian mengenai pemahaman konseptual algoritmik dan grafik siswa pada materi laju reaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman konseptual algoritmik dan grafik siswa kelas XI IPA pada materi laju reaksi dan pada aspek pemahaman mana siswa menunjukkan hasil yang paling baik sedang dan paling buruk (2) bagaimana pemahaman konseptual siswa dibandingkan pemahaman algoritmiknya (3) bagaimana pemahaman konseptual siswa dibandingkan pemahaman grafiknya (4) bagaimana pemahaman algoritmik siswa dibandingkan pemahaman grafiknya. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang berjumlah 6 kelas yang homogen. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes tulis berjumlah 24 soal yang terdiri 8 soal algoritmik 8 soal konseptual dan 8 soal grafik yang dibuat berpasangan. Soal algoritmik konseptual dan grafik tersebut memiliki konsep dasar yang sama. Dari hasil uji validitas isi diperoleh persentase sebesar 91 7% untuk soal tes pemahaman konseptual 91 7% untuk soal tes pemahaman algoritmik dan 87 5% untuk soal tes pemahaman grafik. Dari hasil uji reliabilitas menggunakan uji statistik Alpha Cronbach s diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0 64 untuk soal tes pemahaman konseptual 0 58 untuk soal tes pemahaman algoritmik dan 0 55 untuk soal tes pemahaman grafik. Data berupa skor total tes pemahaman konseptual algoritmik dan grafik yang dikumpulkan dengan teknik tes selanjutnya dianalisis dengan Uji Kruskal Wallis dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konseptual algoritmik dan grafik. Pemahaman siswa paling baik iii pada aspek pemahaman algoritmik sedang pada aspek pemahaman konseptual dan paling buruk pada aspek pemahaman grafik atau pemahaman algortimik siswa lebih tinggi dari pemahaman konseptual lebih tinggi dari pemahaman grafiknya (2) pemahaman konseptual siswa masih tertinggal dari pemahaman algoritmiknya (3) pemahaman grafik siswa masih tertinggal dari pemahaman konseptualnya (4) pemahaman grafik siswa masih tertinggal dari pemahaman algoritmiknya. Hasil lain yang diperoleh dari penelitian ini antara lain (1) pada aspek pemahaman konseptual sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep laju reaksi terhadap masing-masing zat (2) pada aspek pemahaman algoritmik sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan penentuan laju reaksi secara umum (3) pada aspek pemahaman grafik sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menginterpretasikan grafik yang menunjukkan pengaruh suhu terhadap laju reaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21944

Actions (login required)

View Item View Item