Pengembangan bahan ajar materi titrasi asam-basa pada mata pelajaran kimia analisis dengan model pembelajaran learning cycle 5-E untuk SMK Program Kahlian Kimia Industri / Septiana Awiatantri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar materi titrasi asam-basa pada mata pelajaran kimia analisis dengan model pembelajaran learning cycle 5-E untuk SMK Program Kahlian Kimia Industri / Septiana Awiatantri

Awiatantri, Septina (2012) Pengembangan bahan ajar materi titrasi asam-basa pada mata pelajaran kimia analisis dengan model pembelajaran learning cycle 5-E untuk SMK Program Kahlian Kimia Industri / Septiana Awiatantri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan Ajar Model Learning Cycle 5-E Titrasi Asam-Basa SMK didirikan untuk meningkatkan kualitas perkembangan siswa agar lebih berkompeten dalam dunia kerja. Menurut BNSP SMK (2007 23) ada beberapa problematika yang berkembang di SMK. Peneliti melakukan observasi di lapangan untuk mengetahui problematika yang sebenarnya di SMK. SMK yang dipilih adalah SMK Putra Indonesia Malang program keahlian kimia industri. Hasil wawancara dengan guru SMK adalah kurangnya pemahaman konsep siswa tentang materi pembelajaran yang disebabkan karena kurangnya bahan ajar yang dapat memaksimalkan proses pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan belum dapat memaksimalkan pemahaman konsep siswa sehingga diharapkan adanya bahan ajar yang sistematis. Bahan ajar yang sistematis diharapkan mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman konsep siswa. Peneliti bersama guru memilih model pembelajaran Learning Cycle 5-E yang dianggap cocok diterapkan dengan kondisi siswa yang pasif. Tujuan dari penelitian adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar materi titrasi asam-basa pada matapelajaran kimia analisis dengan model pembelajaran Learning Cycle 5-E untuk SMK program keahlian kimia industri. Peneliti menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan yakni model 4-D (four-D) yang meliputi tahap define design develop dan desiminate . Peneliti menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan hingga pada tahap ketiga. Hasil pengembangan produk dilakukan uji coba produk untuk mengetahui kelayakan. Uji coba produk meliputi validasi produk oleh seorang dosen dua orang guru dan sepuluh siswa kelas XI dengan instrumen penelitian berupa angket validasi. Produk akhir dilakukan crosscheck kepada guru SMK Putra Indonesia Malang program keahlian kimia industri. Hasil analisis data produk hasil pengembangan bahan ajar menyatakan modul yang dikembangkan dinyatakan valid dengan tingkat validitas total 3 oleh validator dosen dan dinyatakan sangat valid dengan tingkat validitas 3 27 oleh validator guru sehingga modul dapat digunakan. RPP yang dikembangkan dinyatakan valid dengan tingkat validitas 3 oleh validator dosen dan dinyatakan sangat valid dengan tingkat validitas 3 29 oleh validator guru. Silabus yang dikembangkan dinyatakan valid dengan tingkat validitas 3 oleh validator dosen dan dinyatakan sangat valid dengan tingkat validitas 3 63 oleh validator guru. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan baik untuk digunakan di SMK program keahlian kimia industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21943

Actions (login required)

View Item View Item