Pengaruh penerapan model learning cycle 5-E dan problem solving pada materi kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 02 Batu / Kurnia Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model learning cycle 5-E dan problem solving pada materi kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 02 Batu / Kurnia Larasati

Larasati, Kurnia (2012) Pengaruh penerapan model learning cycle 5-E dan problem solving pada materi kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 02 Batu / Kurnia Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Learning Cycle-5E Problem Solving hasil belajar motivasi belajar Kesetimbangan kimia merupakan salah satu materi yang disajikan dalam mata pelajaran kimia di SMA. Selama ini materi tersebut dibelajarkan secara kon-vensional sehingga penguasaan konsep-konsep siswa cenderung lemah dan siswa menjadi pasif. Materi kesetimbangan kimia melibatkan perhitungan matematis serta konsep-konsepnya merupakan konsep yang berjenjang. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai untuk mempermudah pemahaman siswa. Bebera-pa model pembelajaran student centered yang cocok untuk materi kesetimbangan kimia adalah model pembelajaran Learning Cycle-5E dan Problem Solving. Pene-litian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Learning Cycle-5E dan Problem Solving pada materi kesetimbangan . Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan rancangan deskriptif yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar afektif psikomotor dan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 02 Batu tahun ajaran 2011/2012 dan seluruh populasi dijadikan sampel. Secara acak di-peroleh kelas XI IPA 1sebagai kelas eksperimen I yang di ajar dengan menggu-nakan model Learning Cycle-5E dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Instru-men yang digunakan terdiri dari instrumen perlakuan (berupa silabus RPP dan LKS) dan instrumen pengukuran (lembar observasi post test dan angket motivasi siswa). Hasil uji coba tes hasil belajar kognitif diperoleh 20 soal valid dengan reliabilititas 0 888. Perbedaan hasil belajar kelas eksperimen I dan kelas ekspe-rimen II dianalisis dengan uji Mann-Whitney pada taraf signifikansi 61537 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembela-jaran Learning Cycle-5E dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembe-lajaran Problem Solving dengan nilai Asymp. Sig 0 023 0 05 pada taraf signi-fikansi 5%. Rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Learning Cycle-5E ( x 77 32) lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Solving ( x 71 41). Begitu pula dengan kemampuan afektif dan psikomotorik siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Learning Cycle-5E lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Solving. (2) Motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle-5E secara kualitatif lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Solving.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21932

Actions (login required)

View Item View Item