Kajian keterampilan proses sains dan hasil belajar hidrolisis garam pada pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 3 Malang / Erlita Dian Ratri - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian keterampilan proses sains dan hasil belajar hidrolisis garam pada pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 3 Malang / Erlita Dian Ratri

Ratri, Erlita Dian (2012) Kajian keterampilan proses sains dan hasil belajar hidrolisis garam pada pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 3 Malang / Erlita Dian Ratri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci inkuiri terbimbing keterampilan proses sains hasil belajar Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menekankan pada pendekatan proses. Oleh sebab itu pembelajaran yang dilaksanakan melibatkan aktivitas siswa sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Proses pembelajaran kimia menurut KTSP lebih tepat jika dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry). Pembelajaran kimia dengan inkuiri menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Malang Kelas XI IPA 6 pada materi hidrolisis garam yang dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing serta hubungan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 3 Malang yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah silabus RPP LKS dan lembar pengamatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Selama penerapan kegiatan pembelajaran dilakukan observasi terhadap keterlaksanaan kegiatan pembelajaran keterampilan proses sains psikomotor dan afektif siswa. Pada akhir kegiatan pembelajaran dilakukan pengukuran terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa. Dari hasil uji coba tes hasil belajar kognitif diperoleh 24 soal valid dengan reabilititas 0 884. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16 for windows. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 3 Malang sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. Kemampuan keterampilan proses sains siswa tergolong sangat baik meliputi aspek merumuskan hipotesis (100%) melakukan percobaan (94 8%) menganalisis data (100%) merumuskan kesimpulan (100%) mengkuantifikasi (78 1%) dan keterampilan proses siswa dalam mengkomunikasikan hasil percobaan tergolong baik (75%). Nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif secara keseluruhan sebesar 89 dengan ketuntasan sebesar 91%. Ketuntasan hasil belajar ranah psikomotorik secara keseluruhan sebesar 89 1% dengan nilai rata-rata sebesar 87 9. Sedangkan ketuntasan hasil belajar ranah afektif secara keseluruhan sebesar 93 8% dengan nilai rata-rata sebesar 91. Hasil analisis dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows didapat Pearson Correlation yang lemah sebesar 0 320 dan Spearman Correlation menghasilkan koefisien korelasi (0 352) yang mendekati Pearson. Dengan demikian keterampilan proses tidak begitu berperan di dalam peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21931

Actions (login required)

View Item View Item