Pengembangan panduan cybercounseling pendekatan realita untuk meningkatkan keterbukaan diri (self-disclosure) siswa SMK / Abi Fa'izzarahman Prabawa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan cybercounseling pendekatan realita untuk meningkatkan keterbukaan diri (self-disclosure) siswa SMK / Abi Fa'izzarahman Prabawa

Prabawa, Abi Fa'izzarahman (2015) Pengembangan panduan cybercounseling pendekatan realita untuk meningkatkan keterbukaan diri (self-disclosure) siswa SMK / Abi Fa'izzarahman Prabawa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prabawa Abi F. 2015. PengembanganPanduanCybercounselingPendekatanRealitauntukMeningkatkanKeterbukaanDiri (Self-Disclosure) Siswa SMK. Skripsi JurusanBimbingan dan Konseling FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Ramli M.A. (II) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd. Kata kunci pengembangan cybercounseling pendekatanrealita keterbukaandiri. Salah satuindikatorsiswa yang memilikiketerbukaandirirendahadalahtidakmampumengemukakanpendapat. Berdasarkanpengamatanpeneliti di SMKN 2 Malang siswacenderungdiamdantidakberanimengungkapkanpendapatketikadiskusi. Rendahnyatingkatketerbukaandirisiswaakanmenghambattercapainyaprestasi yang optimal. Alternatiflayanan yang dapatdiberikankonseloradalahmelakukankonseling. Pendekatan yang dapatdigunakanuntukmemberikanlayanankonselingterkaitdenganmasalahketerbukaandiriadalahrealita. Pendekataniniberorientasipada lima kebutuhandasarmanusia yang salahsatunyaadalahtercapainyakebutuhanakankekuasaandanprestasi. Namundemikian perbandinganjumlahkonselordansiswa yang tidakseimbangseringkalimenjadihambatanpemberianlayanankonseling. Dengandemikianperluadanyaterobosan yang memungkinkanlayanandapatdiberikan di luar jam sekolah yaitucybercounseling. Cybercounselingmemungkinkankonselordankonseliuntukmelakukankomunikasitatapmukamelaluilayar monitor tanpakehadiranfisiksecaralangsung. Olehkarenaitu penelitimemberikanalternatiflayanankonselinguntukmembantukonselormeningkatkanketerbukaandirisiswadenganmenggunakanpanduancybercounselingpendekatanrealita. Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkan panduan cybercounselingdengan pendekatanrealita untuk meningkatkan keterbukaandiri (self-disclosure) siswa SMK yang berterima secara teoretis dan praktis. Rancanganpenelitianinimenggunakanpenelitianpengembangan model Borg and Gall yang dimodifikasiSukmadinata. Langkahpengembanganada 3 tahap (Sukmadinata 2012 184) yaitu 1) studipendahuluan dengansurveilapangandanstudipustaka 2) pengembanganproduk denganmembuatpanduandanwebsite dan 3) ujiproduk denganujiahli ujikelompokkecil danujilapanganterbatas. Ujiahlidilakukanolehahli media danahlibimbingandankonseling. Ujikelompokkecildilakukanolehdua orang konselor. Ujilapanganterbatasdilakukanpadatiga orang siswauntukmengujikeefektifanpanduandenganmenggunakanone group pretest-posttest design. Pengumpulan data diperolehmelaluiobservasi wawancara dankuesioner. HasilujikelayakanprodukmenunjukkanbahwapanduancybercounselingpendekatanRealitaberterimasecarateoretisdanpraktissertaefektifuntukmeningkatkanketerbukaandirisiswa SMK. Berdasarkanhasilpenelitiandisarankan agar 1) konselor hendaknyaperlumenerapkanprosedurcybercounselingdenganseksamaagar layanan yang diberikanlebihefektif 2) penelitiselanjutnya hendaknyamengujikeefektifanpadapopulasi yang lebihluasdenganmenggunakanpenelitianeksperimenmurni dan 3) menambahkandatabase konselorsertasoftware perekamaudiovisual untukmerekam proses cybercounseling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2193

Actions (login required)

View Item View Item