Analisis pemahaman konsep titrasi asam basa siswa kelas XI IPA semester II SMAN 5 Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Dyna Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemahaman konsep titrasi asam basa siswa kelas XI IPA semester II SMAN 5 Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Dyna Rahmawati

Rahmawati, Dyna (2012) Analisis pemahaman konsep titrasi asam basa siswa kelas XI IPA semester II SMAN 5 Malang tahun pelajaran 2011/2012 / Dyna Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemahaman konsep titrasi asam basa. Ilmu kimia merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari sifat sifat materi struktur materi perubahan materi hukum hukum dasar perubahannya dan konsep konsep dan teori teori yang mengartikannya. Sebagian besar guru kimia menemukan bahwa konsep kimia sulit untuk dipahami dan masih dianggap sulit oleh sebagian besar siswa karena sebagian besar ilmu kimia bersifat abstrak bersifat kompleks dan banyak bagian konsep yang dihubungkan dengan konsep konsep lain salah satu contohnya adalah konsep titrasi asam. Kemampuan untuk memahami konsep titrasi asam basa sangat dipengaruhi oleh konsep konsep pokok yang mendasarinya. Berdasarkan hal tersebut penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi (1) tingkat pemahaman konsep siswa terhadap indikator titrasi asam basa (2) tingkat pemahaman konsep siswa terhadap perubahan pH selama titrasi asam kuat basa kuat (3) tingkat pemahaman konsep siswa terhadap perubahan pH selama titrasi asam lemah basa kuat (4) tingkat pemahaman konsep siswa terhadap perubahan pH selama titrasi basa lemah asam kuat (5) tingkat pemahaman konsep siswa terhadap perubahan pH selama titrasi asam lemah basa lemah dan (6) konsep titrasi asam basa yang sukar bagi siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 5 Malang tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari enam kelas yang kemampuannya homogen. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 4 dan XI IPA 6 sebanyak 68 siswa yang dipilih berdasarkan kelas yang terlebih dahulu diajarkan materi titrasi asam basa. Instrumen penelitian berupa tes objektif sebanyak 18 butir soal yang terdiri dari 10 soal berbahasa Inggris dan 8 soal berbahasa Indonesia dengan validitas isi sebesar 98 33% dan reliabilitas sebesar 0 67. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa terhadap (1) indikator titrasi asam basa tergolong sedang (63 72%) (2) perubahan pH selama titrasi asam kuat basa kuat tergolong rendah (40 81%) (3) perubahan pH selama titrasi asam lemah basa kuat tergolong rendah (41 91%) (4) perubahan pH selama titrasi basa lemah asam kuat tergolong rendah (38 23%) (5) perubahan pH selama titrasi asam lemah basa lemah tergolong rendah (41 67%) dan (6) terdapat 8 sub konsep yang merupakan konsep titrasi asam basa yang sukar bagi siswa. Tingkat pemahaman konsep siswa tertinggi terdapat pada konsep indikator titrasi asam basa dan tingkat pemahaman konsep siswa terendah terdapat pada konsep perubahan pH selama titrasi basa lemah asam kuat. Konsep yang paling sukar bagi siswa adalah perubahan pH selama titrasi asam lemah basa kuat sebelum titik ekuivalen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21929

Actions (login required)

View Item View Item