Pengembangan e-Module dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada pokok bahasan senyawa alkana. alkena, dan alkuna untuk SMA kelas X/2 / Lilik faridah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-Module dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada pokok bahasan senyawa alkana. alkena, dan alkuna untuk SMA kelas X/2 / Lilik faridah

Faridah, Lilik (2012) Pengembangan e-Module dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada pokok bahasan senyawa alkana. alkena, dan alkuna untuk SMA kelas X/2 / Lilik faridah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci e-Module Learning Cycle 5E Alkana Alkena Alkuna. Perkembangan ICT telah berpengaruh terhadap bidang pendidikan terutama dalam pembuatan suatu bahan ajar untuk siswa. Saat ini siswa membutuhkan suatu bahan ajar yang lebih interaktif yang dapat mendukung proses pembelajaran siswa yang mempunyai karakteristik berbeda-beda. Berbagai macam bahan ajar telah banyak dikembangkan salah satunya modul cetak yang dapat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri. Namun siswa memerlukan bahan ajar yang lebih inovatif untuk menunjang proses belajarnya. Salah satu bahan ajar alternative adalah e-Module yang mempunyai tampilan menarik dan merupakan pengembangan dari bahan ajar cetak seperti modul yang sudah ada. Maka dari itu dikembangkan e-Module pembelajaran kimia pokok bahasan senyawa alkana alkena dan alkuna. e-Module yang dikembangkan dikhususkan pada pokok bahasan tersebut karena materinya yang cukup banyak sehingga diperlukan suatu bahan ajar yang dapat mendukung proses belajar siswa secara sistematis berdasarkan Learning Cycle 5E. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu bahan ajar berupa e-Module dan mengetahui tingkat kelayakannya untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari Dick Carey dalam Sadiman (2009) yang terdiri dari 8 tahap antara lain (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) validasi (7) revisi dan (8) produksi. Teknik analisis data hasil validasi media e-module yang digunakan adalah validasi individu dan validasi kelompok terdiri dari penilaian angket dengan daftar check list untuk data kuantitatif dan saran beserta kritik untuk data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) silabus dan RPP yang dikembangkan layak digunakan dengan hasil validasi akhir sebesar 93% dan (2) bahan ajar e-Module senyawa alkana alkena dan alkuna dengan model pembelajaran LC 5E memperoleh hasil validasi akhir sebesar 91% dari ahli media dan ahli materi serta 78% dari pengguna. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa RPP dan e-Module senyawa alkana alkena dan alkuan yang dikembangkan dengan model pembelajaran LC 5E telah layak digunakan dalam proses pembelajaran dan telah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran LC 5E.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21927

Actions (login required)

View Item View Item