Pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis Learning Cycle 5-E pada materi asam-basa terhadap hasil belajar siswa kelas X kompetensi keahlian kimia analisis SMK Negeri 7 Malang / Riska Kurniawati Asri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis Learning Cycle 5-E pada materi asam-basa terhadap hasil belajar siswa kelas X kompetensi keahlian kimia analisis SMK Negeri 7 Malang / Riska Kurniawati Asri

Asri, Riska Kurniawati (2012) Pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis Learning Cycle 5-E pada materi asam-basa terhadap hasil belajar siswa kelas X kompetensi keahlian kimia analisis SMK Negeri 7 Malang / Riska Kurniawati Asri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Modul Model Learning Cycle-5E Hasil Belajar Modul merupakan salah satu alternatif bahan ajar yang merupakan satu kesatuan bulat dan lengkap yang mengandung berbagai macam kegiatan belajar. Salah satu penelitian pengembangan modul dilakukan oleh Rhamandica (2011). Modul Asam-Basa yang dikembangkan Rhamandica (2011) telah divalidasi isi dan tampilan oleh 1 orang dosen kimia UM dan 3 orang guru dari SMKN 7 Malang dengan nilai rata-rata hasil uji validasi sebesar 3 51 dan kriteria penilaian valid sehingga modul tersebut layak dilakukan uji empirik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle-5E berbantuan modul dan keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle-5E tanpa berbantuan modul pada materi Asam-Basa 2) mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle-5E berbantuan modul dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle-5E tanpa berbantuan modul pada materi Asam-Basa 3) mengetahui hasil belajar aspek psikomotor dan aspek afektif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle-5E berbantuan modul dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle-5E tanpa berbantuan modul pada materi Asam-Basa 4) mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan modul dengan model pembelajaran Learning Cycle-5E pada materi Asam-Basa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah gabungan dari eksperimental semu dan deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X kompetensi keahlian kimia analisis SMK Negeri 7 Malang Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 2 kelas. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dalam penelitian dilakukan dengan teknik undian. Instrumen yang digunakan adalah instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan terdiri dari perangkat pembelajaran penerapan model pembelajaran Learning Cycle-5E berbantuan modul dan perangkat pembelajaran penerapan model pembelajaran Learning Cycle-5E tanpa berbantuan modul. Instrumen pengukuran yang digunakan berupa angket tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik dan deskriptif. Analisis data statistik dilakukan dengan bantuan SPSS 16 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle-5E berbantuan modul pada materi Asam-Basa terlaksana dengan baik (rerata persentase keterlaksanaan RPP I II dan III sebesar 95 24%) dan model pembelajaran Learning Cycle-5E tanpa berbantuan modul pada materi Asam-Basa terlaksana dengan baik (rerata persentase keterlaksanaan RPP I II dan III sebesar 97 95%) (2) terdapat perbedaan hasil belajar aspek kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle-5E berbantuan modul dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle-5E tanpa berbantuan modul sesuai hasil uji-t dua pihak dengan nilai signifikansi (0 000) 0 05 (3) hasil belajar aspek psikomotor siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle-5E berbantuan modul (rerata nilai sebesar 88 45) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle-5E tanpa berbantuan modul (rerata nilai 87 04) dan hasil belajar aspek afektif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle-5E berbantuan modul (rerata nilai sebesar 83 35) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle-5E tanpa berbantuan modul (rerata nilai 80 61) (4) persepsi siswa terhadap isi modul adalah sangat positif (76 69%) dan persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan modul adalah sangat positif (80 50%). Saran yang diberikan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan adalah penggunaan modul Asam-Basa perlu mendapat bimbingan guru agar siswa lebih mudah dalam memahami materi pelajaran beberapa perbaikan perlu dilakukan terhadap modul Asam-Basa yang dikembangkan oleh Rhamandica (2011) agar modul Asam-Basa tersebut semakin baik dan penelitian untuk mengetahui pengaruh modul Asam-Basa yang dikembangkan Rhamandica (2011) hendaknya diteruskan oleh peneliti lain untuk diterapkan di sekolah lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21924

Actions (login required)

View Item View Item