Pengaruh penerapan strategi pembelajaran daur belajar 6F (Six Phased Learning Cycle)-Pembentukan soal (Problem Posinbg) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pada materi hidrolisis garam / Reny Eka Evi Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran daur belajar 6F (Six Phased Learning Cycle)-Pembentukan soal (Problem Posinbg) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pada materi hidrolisis garam / Reny Eka Evi Susanti

Susanti, Reny Eka Evi (2012) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran daur belajar 6F (Six Phased Learning Cycle)-Pembentukan soal (Problem Posinbg) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pada materi hidrolisis garam / Reny Eka Evi Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Learning Cycle-Problem Posing motivasi belajar hasil belajar Penelitian tentang penggabungan dua strategi pembelajaran yakni Daur Belajar 6F (Six Phased Learning Cycle)-Pembentukan Soal (Problem Posing) bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Daur Belajar 6F (Six Phased Learning Cycle)-Pembentukan Soal (Problem Posing) terhadap hasil belajar kimia siswa RSBI kelas XI semester 2 SMA Negeri 8 Malang pada materi pokok Hidrolisis Garam (2) Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Daur Belajar 6F (Six Phased Learning Cycle)-Pembentukan Soal (Problem Posing) terhadap motivasi belajar kimia siswa RSBI kelas XI semester 2 SMA Negeri 8 Malang pada materi pokok Hidrolisis Garam tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (Quasy Experimental Design) tanpa pretes dan rancangan penilaian deskriptif. Rancangan eksperimental semu digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Daur Belajar 6F-Pembentukan Soal dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Daur Belajar 6F. Rancangan penelitian deskriptif digunakan untuk memperoleh gambaran secara nyata motivasi belajar siswa setelah dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Daur Belajar 6F -Pembentukan Soal. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Malang sebagai sampel yaitu kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) kelas XI IPA 5 (kelas kontrol). Kelas eksperimen dikenai perlakuan strategi pembelajaran Daur Belajar 6F -Pembentukan Soal dan kelas kontrol dikenai perlakuan strategi pembelajaran Daur Belajar 6F. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan strategi pembelajaran Daur Belajar 6F-Pembentukan Soal dengan kelas yang menggunakan strategi pembelajaran Daur Belajar 6F. Penerapan strategi pembelajaran Daur Belajar 6F -Pembentukan soal berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21922

Actions (login required)

View Item View Item