Pengaruh media pembelajaran digital menggunakan model pembelajaran learning cycle 5 fase (LC 5-E) terhadap prestasi belajar kimia pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kesamben / Elok Muji Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pembelajaran digital menggunakan model pembelajaran learning cycle 5 fase (LC 5-E) terhadap prestasi belajar kimia pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kesamben / Elok Muji Rahayu

Rahayu, Elok Muji (2012) Pengaruh media pembelajaran digital menggunakan model pembelajaran learning cycle 5 fase (LC 5-E) terhadap prestasi belajar kimia pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kesamben / Elok Muji Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran digital model pembelajaran Learning Cycle 5 fase (LC 5-E) prestasi belajar Kimia merupakan materi yang sebagian besar mengandung konsep yang abstrak sehingga banyak siswa kesulitan memahami materi tersebut. Masalah ini juga dialami oleh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Blitar. Selain itu keaktifan siswa di SMA Negeri 1 Kesamben tergolong masih rendah. Siswa kurang aktif dalam bertanya dan berdiskusi terkait masalah-masalah yang ada dalam pelajaran. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh metode pembelajaran ekspositori yang sering diterapkan oleh guru kimia di SMA Negeri 1 Kesamben. Dalam metode pembelajaran ekspositori pembelajaran berlangsung dengan berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dan pembelajaran menjadi kurang efektif. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk pembelajaran yang efektif adalah penggunaan media pembelajaran digital (media yang berbasis pada komputer) yang dapat mengkonkritkan konsep-konsep kimia yang bersifat abstrak dalam bentuk gambar dua atau tiga dimensi dan memudahkan pengamatan benda-benda mikroskopis seperti pada materi kimia Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Keefektifan media pembelajaran digital akan lebih baik jika ditunjang dengan model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Salah satu model yang berpusat pada siswa yaitu model pembelajaran Learning Cycle 5 fase (LC 5-E). Penggunaan media pembelajaran digital dapat dilakukan pada fase engagement explanation elaboration dan evaluation. Pada fase eksploration siswa akan melakukan praktikum agar siswa menjadi lebih aktif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran digital yang digunakan dalam model pembelajaran Learning Cycle 5 fase pada pokok materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kesamben tahun ajaran 2011/2012 yang tersebar menjadi 3 kelas. Kemudian diambil secara acak dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal post test untuk mengukur prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase berjalan dengan baik. Prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase mempunyai rata-rata sebesar 77 8 sedangkan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase tanpa bantuan media pembelajaran digital mempunyai rata-rata sebesar 71 6. Siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase tanpa bantuan media pembelajaran digital mampu memahami dengan baik hanya secara makroskopis melalui praktikum namun siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase berbantuan media pembelajaran digital mampu memahami dengan baik secara makroskopis melalui praktikum dan secara mikroskopis melalui media pembelajaran berupa Macromedia Flash. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase tanpa bantuan media pembelajaran digital dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase berbantuan media pembelajaran digital berupa Macromedia Flash pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21921

Actions (login required)

View Item View Item