Pengembangan bahan ajar kimia berbasis learning cycle 5E pada materi kromatografi lapis tipis untuk kelas X Program Keahlian Teknik Kimia di SMK Negeri 7 Malang / Erviyana Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kimia berbasis learning cycle 5E pada materi kromatografi lapis tipis untuk kelas X Program Keahlian Teknik Kimia di SMK Negeri 7 Malang / Erviyana Rahmawati

Rahmawati, Erviyana (2012) Pengembangan bahan ajar kimia berbasis learning cycle 5E pada materi kromatografi lapis tipis untuk kelas X Program Keahlian Teknik Kimia di SMK Negeri 7 Malang / Erviyana Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bahan ajar kromatografi lapis tipis model Learning Cycle 5E. Program Keahlian Teknik Kimia merupakan salah satu program keahlian/kejuruan yang ada di SMK Negeri 7 Malang. Dari hasil observasi di SMK Negeri 7 Malang Program Keahlian Teknik Kimia diketahui bahwa terdapat permasalahan berupa rendahnya pemahaman siswa pada materi kromatografi lapis tipis. Hal tersebut didukung dengan data hasil belajar siswa kelas X yaitu 61 11% siswa nilainya berada di bawah standar ketuntasan minimal (SKM). Hasil wawancara dengan guru kimia menyatakan bahwa perlu adanya pengembangan bahan ajar dan alternatif model pembelajaran. Salah satu alternatifnya adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E. Tujuan penelitian adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar kimia berbasis Learning Cycle 5E pada materi kromatografi lapis tipis untuk kelas X Program Keahlian Teknik Kimia di SMK Negeri 7 Malang. Pada penelitian ini model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan yang direkomendasikan oleh Thiagarajan yaitu 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahapan yaitu define (perencanaan) design (rancangan) develop (pengembangan) disseminate (penyebarluasan). Namun peneliti hanya melakukan sampai tahap ketiga. Produk yang dikembangkan oleh peneliti berupa bahan ajar cetak yaitu buku ajar kromatografi lapis tipis dan RPP. Produk hasil pengembangan diuji coba untuk mengetahui kelayakannya melalui validasi isi produk (buku ajar dan RPP) dan uji coba soal. Produk yang telah divalidasi kemudian direvisi. Produk yang telah direvisi kemudian di crosscheck kepada guru kimia SMK Negeri 7 Malang untuk mengetahui kesesuaian produk yang telah dikembangkan. Hasil validasi buku ajar oleh satu dosen kimia menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3 46 yang berarti sangat valid sedangkan dari dua guru kimia menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3 10 yang berarti valid dan hasil uji terbatas menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3 53 yang berarti sangat valid. Hasil validasi RPP menunjukkan nilai rata-rata 3 13 yang berarti valid. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil crosscheck oleh guru kimia dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21920

Actions (login required)

View Item View Item