Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5E Pada Materi kromatografi gas-Cair untuk kelas X Kompetensi keahlian kimia analisis di SMK Negeri 7 Malang / Ria Ari Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5E Pada Materi kromatografi gas-Cair untuk kelas X Kompetensi keahlian kimia analisis di SMK Negeri 7 Malang / Ria Ari Agustin

Agustin, Ria Ari (2012) Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5E Pada Materi kromatografi gas-Cair untuk kelas X Kompetensi keahlian kimia analisis di SMK Negeri 7 Malang / Ria Ari Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bahan ajar kromatografi gas-cair model Learning Cycle 5E. SMK Negeri 7 Malang merupakan salah satu SMK Negeri yang memiliki Program Kompetensi Keahlian Analisis Kimia. Dari hasil observasi di SMK Negeri 7 Malang diketahui bahwa di SMK terdapat permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran yaitu tingkat pemahaman siswa yang masih rendah terutama pada materi kromatografi gas-cair. Hal itu juga didukung dengan data hasil belajar siswa kelas X yang diperoleh dari salah satu guru kimia yang menyatakan bahwa 54 05% siswa kelas X KA 1 dan 61 11% siswa kelas X KA 2 nilainya berada di bawah SKM. Permasalahan tersebut disebabkan oleh dua faktor yaitu metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih menggunakan pembelajaran ekspositori dan keterbatasan bahan ajar yang dimiliki khususnya materi kromatografi gas-cair. Wawancara dengan guru kimia menyatakan perlu pengembangan bahan ajar dengan alternatif model pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya Learning Cycle 5E. Tujuan dari penelitian adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis Learning Cycle 5E pada materi kromatografi gas-cair untuk kelas X Kompetensi Keahlian Kimia Analisis di SMK Negeri 7 Malang. Pada penelitian pengembangan bahan ajar model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan yang direkomendasikan oleh Thiagarajan yakni 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri dari tahapan 1) Define (perencanaan) (2) Design (perancangan) (3) Develop (pengembangan) (4) Disseminate (penyebarluasan). Namun karena keterbatasan waktu dan tenaga dari peneliti maka hanya dilakukan sampai tahap ketiga 3-D. Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar cetak yaitu buku ajar yang dilengkapi dengan RPP. Produk hasil pengembangan diuji coba melalui validasi isi produk (buku ajar dan RPP) dan uji coba soal untuk mengetahui kelayakan dari produk. Validasi isi produk dilakukan oleh 1 dosen kimia 2 guru kimia SMK Negeri 7 Malang 10 siswa SMK Negeri 7 Malang sebagai uji terbatas. Produk yang telah divalidasi kemudian direvisi selanjutnya di crosscheck kepada guru kimia SMK Negeri 7 Malang. Hasil validasi buku ajar oleh validator yaitu satu dosen kimia dan dua guru kimia nilai rata-rata sebesar 3 09 yang berarti valid serta hasil uji terbatas sebesar 3 60 yang berarti sangat valid. Hasil validasi RPP menunjukkan nilai rata-rata 3 25 yang berarti valid. Berdasarkan hasil analisis dan hasil crosscheck ke guru kimia SMK Negeri 7 Malang dapat disimpulkan bahwa buku ajar dan RPP yang telah dikembangkan telah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21919

Actions (login required)

View Item View Item