Pengembangan perangkat pembelajaran materi larutan standar dan pereaksi untuk SMKN 7 Malang program keahlian kimia analisis / Moh Syaeful Rakhman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran materi larutan standar dan pereaksi untuk SMKN 7 Malang program keahlian kimia analisis / Moh Syaeful Rakhman

Rakhman, Moh Syaeful (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran materi larutan standar dan pereaksi untuk SMKN 7 Malang program keahlian kimia analisis / Moh Syaeful Rakhman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Larutan Standar dan Pereaksi SMKN 7 Malang. SMKN 7 Malang Program Keahlian Kimia Analisis mempunyai beberapa kompetensi yang harus dicapai. Salah satu kompetensinya adalah membuat larutan standar dan pereaksi. Dalam rangka pencapaian kompetensi ini guru memerlukan bahan ajar yang relevan dengan kebutuhan siswa dan hal ini masih belum terpenuhi. Bahan ajar yang digunakan oleh guru diambil dari bukubuku secara acak dan belum tersusun rapi sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan KTSP SMK. Atas dasar ini pengembang melakukan pengembangan dan penyusunan perangkat pembelajaran materi larutan standar dan pereaksi yang di dalamnya terdiri dari bahan ajar yang sesuai untuk pembelajaran di SMK. Metode pengembangan perangkat pembelajaran materi larutan standar dan pereaksi mengadopsi sampai tahap 3-D dari model pengembangan 4-D yang direkomendasikan oleh Thiagarajan dkk (1974 6-11) karena sesuai dengan langkah-langkah penyususan perangkat pembelajaran yang runtut dan sistematis. Perangkat pembelajaran larutan standar dan pereaksi yang dikembangkan dilakukan validasi isi dan uji coba terbatas. Validator untuk validasi isi adalah satu dosen Kimia FMIPA UM sebagai validator ahli di bidang isi dan dua guru SMK Negeri 7 Malang sebagai sasaran pengguna produk sedangkan validator untuk uji coba terbatas adalah delapan siswa SMK Negeri 7 Malang Program Keahlian Kimia Analisis. Instrumen pengumpulan data pada pengembangan perangkat pembelajaran berupa angket/kuesioner dengan skala Likert 4 tingkatan serta lembar komentar dan saran. Data yang diperoleh berupa skor penilaian dan komentar dari validator yang digunakan untuk menentukan validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis perhitungan rata-rata dan persentase. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran materi Larutan Standar dan Pereaksi meliputi Silabus hasil pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Bahan Ajar. Hasil validasi isi diperoleh perhitungan rata-rata dan persentase untuk silabus pengembangan sebesar 3 06 atau 76 56% yang berarti cukup valid. Hasil validasi isi untuk RPP sebesar 3 43 atau 85 71% kelayakan isi bahan ajar sebesar 3 28 atau 82 14% serta kebahasaan dan penampilan bahan ajar sebesar 3 62 atau 90 62% yang berarti valid dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam uji lapangan pembelajaran di sekolah. Hasil uji coba terbatas petunjuk praktikum diperoleh perhitungan rata-rata dan persentase sebesar 3 20 dan 80 00% yang berarti valid dan sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran yang sesungguhnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21913

Actions (login required)

View Item View Item