Studi pemahaman, persepsi, dan sikap siswa kelas XI ipa sma Negeri 6 Malang terhadap fenomena pemanasan global ( global warning ) / Daniatul Lutfiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pemahaman, persepsi, dan sikap siswa kelas XI ipa sma Negeri 6 Malang terhadap fenomena pemanasan global ( global warning ) / Daniatul Lutfiah

Lutfiah, Daniatul (2012) Studi pemahaman, persepsi, dan sikap siswa kelas XI ipa sma Negeri 6 Malang terhadap fenomena pemanasan global ( global warning ) / Daniatul Lutfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemahaman persepsi sikap pemanasan global (global warming) Ilmu kimia memegang peranan penting dalam mempelajari lingkungan hidup karena dalam lingkungan hidup selalu ada bahan-bahan dan peristiwa-peristiwa kimia. Selain berguna untuk meningkatkan terpenuhinya kebutuhan hidup manusia dan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia kehadiran bahan-bahan kimia dalam lingkungan juga dapat menimbulkan masalah salah satunya adalah masalah pemanasan global. Berbagai media seperti internet televisi surat kabar dan radio marak membicarakan hal ini akan tetapi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) masalah pemanasan global tidak dibahas secara rinci. Bahkan dalam beberapa buku pelajaran kimia materi pemanasan global tidak dibahas sama sekali. Dengan minimnya pembahasan materi pemanasan global dalam buku pelajaran kimia SMA kemungkinan akan berdampak terhadap kurangnya pemahaman persepsi dan sikap siswa terhadap pemanasan global yang selanjutnya akan mengakibatkan kurangnya kepedulian siswa terhadap masalah pemanasan global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pemahaman siswa terhadap gas rumah kaca efek rumah kaca penyebab pemanasan global dampak pemanasan global dan penanggulangan pemanasan global (2) persepsi siswa terhadap penyebab pemanasan global dan penanggulangannya (3) sikap siswa terhadap penyebab pemanasan global dan penanggulangannya (4) hubungan antara pemahaman dengan persepsi siswa mengenai pemanasan global dan (5) hubungan antara persepsi dengan sikap siswa mengenai pemanasan global. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-korelasional. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Malang tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari tiga kelas yang homogen. Sampel penelitian adalah 38 siswa kelas XI IPA-3 yang diambil secara purposive random sampling . Instrumen penelitian berupa tes tertulis yang berjumlah 24 butir soal dengan materi meliputi gas rumah kaca efek rumah kaca penyebab dampak serta penanggulangan pemanasan global. Selain itu instrumen penelitian berupa angket persepsi dan sikap siswa mengenai penyebab dan penanggulangan pemanasan global sebanyak 23 butir angket. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh validitas isi instrumen tes sebesar 96 0% dan validitas isi angket sebesar 91 0%. Reliabilitas instrumen tes dan angket dihitung menggunakan rumus KR-20 berturut-turut sebesar 0 63 dan 0 62. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan angket kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui persentase jawaban benar siswa mengenai tes pemanasan global serta persentase siswa yang mempunyai persepsi dan sikap positif terhadap pemanasan global. Koefisien korelasi (r) dihitung menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson. Berdasarkan perhitungan taraf korelasi hubungan antara pemahaman dengan persepsi siswa kelas atas dan bawah mengenai pemanasan global berturut-turut sebesar 0 97 dan 0 55 serta taraf korelasi hubungan antara persepsi dan sikap siswa kelas atas dan bawah mengenai pemanasan global berturut-turut sebesar 0 96 dan 0 77. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman siswa terhadap gas rumah kaca penyebab serta dampak pemanasan global termasuk dalam kategori sangat tinggi dan pemahaman siswa terhadap efek rumah kaca serta penanggulangan pemanasan global termasuk dalam kategori tinggi (2) persepsi siswa terhadap penyebab pemanasan global termasuk positif dengan kategori tinggi dan persepsi siswa terhadap penanggulangan pemanasan global termasuk positif dengan kategori sangat tinggi (3) sikap siswa terhadap penyebab pemanasan global termasuk positif dengan kategori tinggi dan sikap siswa terhadap penanggulangan pemanasan global termasuk positif dengan kategori sangat tinggi (4) untuk siswa kelompok atas terdapat hubungan linear positif yang sangat kuat sekali antara pemahaman dengan persepsi mengenai fenomena pemanasan global (r 0 97) sedangkan untuk siswa kelompok bawah terdapat hubungan linear positif yang kuat antara pemahaman dengan persepsi mengenai fenomena pemanasan global (r 0 55) dan (5) untuk siswa kelompok atas terdapat hubungan linear positif yang sangat kuat sekali antara persepsi dengan sikap mengenai fenomena pemanasan global (r 0 96) sedangkan untuk siswa kelompok bawah terdapat hubungan linear positif yang sangat kuat antara persepsi dengan sikap mengenai fenomena pemanasan global (r 0 77).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21904

Actions (login required)

View Item View Item