Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer materi atom, ion, dan molekul untuk smp kelas VIII / Kresnayanti Wahyuning Putri

Putri, Kresnayanti Wahyuning (2012) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer materi atom, ion, dan molekul untuk smp kelas VIII / Kresnayanti Wahyuning Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: media pembelajaran berbantuan komputer, atom, ion, dan molekul. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat menuntut adanya peningkatan mutu dalam bidang pendidikan. Pendidikan memegang peranan yang sangat penting karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan kualitas SDM, salah satu langkahnya adalah dengan melakukan penyempurnaan Kurikulum 2004 menjadi Kurikulum 2006 (KTSP). Salah satu sarana pembelajaran dalam KTSP adalah dengan media pembelajaran. Saat ini telah banyak dikembangkan media pembelajaran, namun hal itu dirasa masih kurang, apalagi untuk materi atom, ion, dan molekul dalam IPA SMP yang didalamnya terkandung konsep-konsep yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer materi atom, ion, dan molekul dan mengetahui kelayakannya sebagai media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini digunakan suatu model pengembangan yang direkomendasikan oleh Thiagarajan (1974), yakni 4DModel (Define, Design, Develop, and Disseminate). Keempat D dalam 4D-Model merupakan tahap-tahap atau sintak dalam pengembangan perangkat pembelajaran. Namun pada rancangan penelitian ini diadopsi sampai pada D yang ketiga, yakni hingga tahap develop (pengembangan). Tiga D yang dimaksud adalah: Define, Design, dan Develop. Subyek uji coba atau validator dalam pengembangan ini adalah 2 dosen kimia yang kompeten, 3 guru kimia (IPA) SMP yaitu dari SMP Negeri 18 Malang. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner dan analisisnya menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil pengembangan ini berupa software media pembelajaran untuk materi atom, ion, dan molekul yang dilengkapi dengan 6 menu utama, yaitu menu pendahuluan, menu materi, menu evaluasi, menu rangkuman, menu glosarium, dan menu help serta dilengkapi dengan LKS dalam bentuk cetak. Dalam software tersebut digunakan model tutorial bercabang. Hasil penilaian dari guru IPA SMP terhadap media hasil pengembangan diperoleh persentase rata-rata 89,2% dengan kriteria layak, sedangkan hasil penilaian dari dosen diperoleh persentase rata-rata 89,6% dengan kriteria layak. Jadi penilaian hasil pengembangan secara umum diperoleh persentase rata-rata 89,4% dengan kriteria layak. Berdasarkan persentase rata-rata hasil penilaian terhadap media hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa software pembelajaran dan LKS ini dapat dipergunakan sebagai alat bantu/media pembelajaran untuk materi atom, ion, dan molekul. Namun demi kelanjutan pengembangan ini, disarankan agar software pembelajaran dan LKS diuji secara langsung terhadap siswa untuk mengetahui keefektifannya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21903

Actions (login required)

View Item View Item