Pengembangan bahan ajar kimia rintisan SMA bertaraf internasional kelas XI pada materi laju reaksi / Inova Putri Carera - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kimia rintisan SMA bertaraf internasional kelas XI pada materi laju reaksi / Inova Putri Carera

Carera, Inova Putri (2012) Pengembangan bahan ajar kimia rintisan SMA bertaraf internasional kelas XI pada materi laju reaksi / Inova Putri Carera. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar Rintisan SMA Bertaraf Internasional (RSMA-BI) laju reaksi. Perbandingan konten materi laju reaksi KTSP dan A-Level menunjukkan bahwa materi laju reaksi pada KTSP lebih rendah daripada materi pada A-Level oleh karena itu cakupan materi laju reaksi pada pembelajaran kimia RSMA-BI perlu diperluasdan diperdalam seperti pada A-Level. Adanya perluasan dan pendalaman ini menuntut guru agar lebih kreatif dalam menyusun perangkat pembelajaran khususnya bahan ajar dari berbagai sumber sehingga mampu memenuhi kompetensi yang diharapkan pada kurikulum RSMA-BI. Hasil analisis konsep terhadap empat buku teks yang banyak dipakai di Kota Malang diketahui bahwa terdapat perbedaan keluasan dan kedalaman materi kimia laju reaksi pada buku teks yang dipakai di RSMA-BI. Meskipun demikian buku A-Level Chemistry For Senior High School Students Volume 2A penulis Effendy terbitan Bayumedia (2007)merupakan buku yang layak untuk dipakai dalampembelajaran materi laju reaksi di RSMA-BI meskipun terdapat beberapa kekurangan yang berhubungan dengan keterlibatan IT untuk proses pembelajaran. Untuk itu perlu dikembangkan bahan ajar kimia RSMA-BI kelas XI pada materi Laju Reaksi untuk dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam mengajar di RSMA-BI. Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar kimia RSMA-BI pada materi Laju Reaksi dan terujinya kelayakan bahan ajar yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Model pengembangan bahan ajar yang diacu adalah Model 4D dari Thiagarajan dkk (1974) yang meliputi empat tahap utama yaitu define design develop dan disseminate. Karena keterbatasan waktu dan pendukung lain model yang digunakan terbatas pada tahap define design dan develop. Validasi isi dilakukan dengan memberikan angket penilaian semi terbuka terhadap bahan ajar yang dikembangkan kepada validator yaitu satu orang dosen kimia dan dua orang guru kimia RSMA-BI. Angket penilaian ini mengadaptasi butir instrumen penilaian buku teks yang dikeluarkan oleh BSNP. Jenis data yang diperoleh dari hasil validasi pengembangan bahan ajar ada dua yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari perhitungan nilai rata-rata hasil validasi ahli untuk mengetahui besarnya kelayakan/kevalidan bahan ajar tersebut dan data kualitatif berupa tanggapan/saran dari validator.Setelah dilakukan validasi isi bahan ajar kemudian dilakukan uji terbatas kepada 20 siswa RSMA-BI. Revisi paket hasil pengembangan dilakukan setelah diperoleh data validasi. Keefektifan bahan ajar dilakukan atas skor tes prestasi belajar dengan menggunakan bahan ajar tersebut. Untuk mengetahui keefektifan dilakukan uji kelompok kecil dengan menggunakan tes pilihan ganda dan uraian. Hasil uji coba soal pilihan ganda diperoleh 27 soal valid dengan validitas dan realibilitas sebesar 0 72 dan 0 58. Sementara hasil uji coba soal uraian diperoleh 5 soal valid dengan validitas dan realibilitas sebesar 0 70 dan 0 49. Produk dari pengembangan adalah bahan ajar kimia Rintisan SMA Bertaraf Internasional kelas XI pada materi laju reaksi. Bahan ajar laju reaksi yang dihasilkan ditulis dengan pendekatan kontekstual dan menggunakan bahasa Inggris yang secara keseluruhan terdiri dari 54 halaman. Bahan ajar terdiri atas empat bagian utama yaitu pendahuluan materi evaluasi dan penutup. Materi tersusun atas tujuh sub materi yaitu ii Reaction Rate Concept The Rate s Expressions Rate Law and Reaction Order Experimental Determination of a Rate Law Reaction Mechanism Theories of Reaction Rate Factors Affecting Reaction Rate. Hasil validasi bahan ajar yang meliputi validasi isi diperoleh nilai rata-rata 3 56 dari rentang skor 1-4 dengan kriteria valid/baik/layak. Hasil uji terbatas terhadap bahan ajar yang dihasilkan diperoleh nilai rata-rata 3 35 dari rentang skor 1-4 dengan kriteria valid/baik/layak. Hasil uji keefektifan bahan ajar diperoleh skor sebesar 77 8. Skor ini diatas SKM (Skor Kelulusan Minimal) yaitu 75. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kimia RSMA-BI kelas XI pada materi laju reaksi sudah layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21902

Actions (login required)

View Item View Item