Pengembangan media video salat dengan tertib pendidikan agama Islam kelas III SDN Donorojo 1 Pacitan / Nikmah Wahidatuzzahra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video salat dengan tertib pendidikan agama Islam kelas III SDN Donorojo 1 Pacitan / Nikmah Wahidatuzzahra

Wahidatuzzahra, Nikmah (2011) Pengembangan media video salat dengan tertib pendidikan agama Islam kelas III SDN Donorojo 1 Pacitan / Nikmah Wahidatuzzahra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Video Salat dengan Tertib Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan pengamatan lapangan di SDN Donorojo 1 Pacitan siswa kurang menguasai materi karena keterbatasan waktu dan metode mengajar yang monoton. Bahan pembelajaran yang digunakan selama ini dipandang kurang efektif karena bahan pembelajaran yang digunakan sebagai referensi pada pokok bahasan salat dengan tertib hanya sebatas buku teks saja. Oleh karenanya perlu dikembangkan media video pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam belajar dan memahami materi menciptakan situasi dan suasana pembelajaran yang lebih menarik serta untuk meningkatkan motivasi siswa. Pengembangan ini bertujuan untuk merancang memproduksi dan menguji keefektifan produk sajian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam bentuk media video pembelajaran. Sedangkan materi dalam pengembangan video pembelajaran ini adalah pokok bahasan salat dengan tertib. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Pengembangan produk ini dilanjutkan dengan kegiatan validasi ahli materi ahli media audiens perorangan audiens kelompok kecil dan audiens lapangan. Untuk menentukan keefektifan produk media pembelajaran yang dikembangakan ditempuh tahap uji coba siswa SDN Donorojo 1 kelas III yang dibagi menjadi audiens perorangan sebanyak 3 siswa audiens kelompok kecil sebanyak 12 siswa dan audiens lapangan sebanyak 24 siswa. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari ahli media menunjukkan persentase sebanyak 90 8% yang berarti media video valid dan layak digunakan untuk pembelajaran dari ahli materi 92 5% yang berarti media video valid dan layak digunakan untuk pembelajaran dari audiens secara perorangan sebanyak 91 6% yang berarti media video valid dan layak digunakan untuk pembelajaran dari audiens kelompok kecil 92 3% yang berarti media video valid dan layak digunakan untuk pembelajaran dan dari audiens lapangan 92 2% yang berarti media video valid dan layak digunakan untuk pembelajaran. Sedangakan dari data perbandingan hasil belajar siswa secara perorangan diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 36 6% dari kelompok kecil diperoleh peningkatan hasil belajar 34 2% dan dari audiens lapangan diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 44 1%. Sehingga dari data tersebit menunjukkan bahwa media video pembelajaran ini efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Saran yang diajukan hendaknya produk media video pembelajaran yang telah dikembangkan ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Sedangkan saran bagi pengembang berikutnya agar mengembangkan video pembelajaran yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item