Identifikasi konsep sukar dan salah konsep materi hukum kekekalan massa pada siswa SMA Negeri 5 Malang / Umi Hanik - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi konsep sukar dan salah konsep materi hukum kekekalan massa pada siswa SMA Negeri 5 Malang / Umi Hanik

Hanik, Umi (2011) Identifikasi konsep sukar dan salah konsep materi hukum kekekalan massa pada siswa SMA Negeri 5 Malang / Umi Hanik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci konsep sukar salah konsep hukum kekekalan massa. Salah satu sifat dari konsep kimia adalah bertingkat dimulai dari sederhana menuju kompleks. Apabila konsep yang paling awal belum dipahami maka akan menimbulkan konsep sukar. Konsep sukar adalah persepsi siswa terhadap konsep yang dianggap sukar dan diukur oleh soal diagnostik dengan persentase jawaban (PJS) 8805 61% . Ketidakpahaman yang terjadi terus menerus dapat mengakibatkan salah konsep. Salah satu materi kimia yang dapat menimbulkan konsep sukar dan salah konsep adalah hukum kekekalan massa. Tujuan penelitian untuk mengetahui deskripsi jawaban salah siswa konsep sukar dan salah konsep yang dialami siswa pada materi hukum kekekalan massa. Penelitan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2010/2011 semester genap terdiri dari 47 siswa kelas X (27 siswa kelas X-6 dan 20 siswa kelas X-8) dan 57 siswa kelas XI (28 siswa kelas XI-IPA 2 dan 29 siswa kelas XI-IPA 5). Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik berbentuk soal pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban dan 1 jawaban sendiri yang disertai dengan alasan jawaban. Soal disusun berdasarkan peta konsep dan kisi-kisi soal. Hasil wawancara digunakan sebagai triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Deskripsi jawaban salah siswa yang berupa hasil mean median modus jawaban salah siswa minimal (Xmin) dan jawaban salah siswa maksimal (Xmax) berturut-turut untuk kelas X adalah 28 32 20 0 45 sedangkan untuk kelas XI berturut turut 34 34 0 3 dan 53. (2) Jenis konsep sukar yang dimiliki siswa kelas X dan XI berdasarkan hasil PJS adalah konsep persamaan reaksi (mengidentifikasi persamaan reaksi setara) dan hukum kekekalan massa (mengidentifikasi hukum kekekalan massa pada reaksi yang menghasilkan endapan mengidentifikasi hukum kekekalan massa pada reaksi yang menghasilkan gas pada sistem terbuka mengidentifikasi hubungan hukum kekekalan massa dengan pereaksi berlebih dan mengidentifikasi hubungan hukum kekekalan massa dengan pereaksi pembatas). Salah konsep yang dialami siswa kelas X dan XI berdasarkan konsistensi jawaban adalah (a) menganggap koefisien produk sebagai jumlah molekul yang dihasilkan (b) massa produk yang terbentuk sama dengan massa total reaktan mula-mula (c) massa pereaksi sisa adalah selisih antara massa terbesar dan terkecil reaktan (d) jumlah mol produk sama dengan jumlah mol reaktan mula-mula (e) pereaksi yang jumlah atom berkurang merupakan pereaksi pembatas (f) semua pereaksi akan habis bereaksi. Salah konsep yang hanya terjadi pada kelas X adalah massa produk yang terbentuk sama dengan massa total reaktan mula-mula dan semua pereaksi akan habis bereaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21898

Actions (login required)

View Item View Item