Studi tentang kemampuan membaca tabel sebagai salah satu keterampilan generik sains pada siswa SMA Negeri 2 Pasuruan tahun pelajaran 2010/2011 / Tina Mayasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang kemampuan membaca tabel sebagai salah satu keterampilan generik sains pada siswa SMA Negeri 2 Pasuruan tahun pelajaran 2010/2011 / Tina Mayasari

Mayasari, Tina (2011) Studi tentang kemampuan membaca tabel sebagai salah satu keterampilan generik sains pada siswa SMA Negeri 2 Pasuruan tahun pelajaran 2010/2011 / Tina Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca tabel keterampilan generik Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satu upaya tersebut yaitu melalui penyempurnaan dalam bidang kurikulum. Saat ini telah diberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Melalui KTSP ini dilakukan penyempurnaan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan termasuk pada pelajaran kimia. Adanya sebagian konsep kimia yang bersifat abstrak akan menyebabkan siswa cenderung mengalami kesulitan untuk mengkonstruksi pemahaman secara tepat. Kebanyakan siswa harus belajar sendiri melalui buku-buku atau sumber lain untuk menemukan suatu konsep. Oleh karena itu pemilihan media yang tepat sangat diperlukan untuk membantu siswa dalam memperoleh pemahaman konsep kimia dengan baik. Salah satu media yang dapat membantu siswa dalam mengkonstruk pemahamannya adalah media tabel. Penyajian informasi atau materi dalam bentuk tabel memiliki beberapa kelebihan antara lain (1) penyajian datanya ringkas dan jelas (2) mendorong siswa berpikir kritis dan analisis karena siswa diharapkan dapat menemukan informasi pembelajaran dari tabel yang disajikan (3) merangkum keterangan secara sederhana (4) memperlihatkan hubungan antara data yang satu dengan data yang lain sehingga membantu siswa mengadakan analisis interpretasi dan perbandingan data-data yang disajikan. Membaca tabel juga dapat meningkatkan keterampilan generik sains siswa diantaranya (1) pengamatan langsung dan tak langsung (2) kesadaran tentang skala dan besaran (3) bahasa simbolik (4) kerangka logika taat-asas dari hukum alam (5) interfensi logika (6) hukum sebab akibat (7) pemodelan matematis dan (8) membangun konsep. Oleh karena itu penting untuk mengetahui kemampuan siswa membaca tabel karena berhubungan dengan mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi (berpikir kritis dan logis) untuk memecahkan suatu masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa SMA Negeri 2 Pasuruan tahun pelajaran 2010/2011 dalam hal membaca tabel. Dalam hal ini sampel yang digunakan berjumlah 6 kelas yang terdiri dari 2 kelas siswa kelas X 2 kelas siswa kelas XI dan 2 kelas siswa kelas XII masing-masing berjumlah 32 siswa. Untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam membaca tabel digunakan tes kemampuan (ability test) yang berupa soal uraian obyektif terdiri dari 30 butir soal yang berkaitan tabel-tabel. Berdasarkan validitas instrumen diperoleh persentase soal yang sesuai atau valid sebesar 96 7%. Sedangkan berdasarkan uji reliabilitas instrumen yang valid memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0 787. Persentase kemampuan siswa membaca tabel dilihat dari nilai siswa mengerjakan soal test yang meliputi kemampuan menghubungkan data tabel menemukan suatu pola dari data dalam tabel dan membuat suatu kesimpulan dari data tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas X XI dan XII berturut-turut 67 9% 74 1% dan 78 3%. Dengan kata lain kemampuan rata-rata siswa SMA Negeri 2 Pasuruan dalam hal membaca tabel adalah cukup (73 4%). Siswa kelas XII memiliki persentase kemampuan yang paling tinggi karena siswa kelas XII telah memiliki pengalaman belajar lebih banyak daripada siswa kelas X dan kelas XI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21897

Actions (login required)

View Item View Item