Khadiqoh, Arifatul (2015) Keefektifan teknik permainan kelompok untuk mengurangi tingkat terisolasi siswa SMP kelas VII / Arifatul Khadiqoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khadiqoh Arifatul. 2015. Keefektifan Teknik Permainan Kelompok Untuk Mengurangi Tingkat Terisolasi Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd (II) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd. Kata kunci permainan kelompok siswa terisolasi Remaja lebih banyak menggunakan waktu bersama teman sebaya. Namun kenyataannya tidak semua siswa melewatinya dengan mudah beberapa siswa memiliki masalah dalam pergaulan dengan teman sebayanya salah satunya adalah terisolasi. Siswa terisolasi adalah siswa yang tidak dipilih oleh seorangpun dalam kelompok sebayanya. Mereka menahan kesepian dan pengasingan tanpa ada kemampuan untuk mengungkapkan emosi kekecewaan yang mereka alami. Siswa terisolasi ingin bersosialisasi dengan lingkungan maupun teman sebayanya tetapi ada hambatan berupa kecemasan dan konflik diri sehingga ia memilih menarik diri dari pergaulan. Salah satu teknik bimbingan yang dapat digunakan untuk mengurangi tingkat terisolasi siswa agar dapat segera berinteraksi dengan teman sebayanya yaitu melalui penggunaan teknik permainan kelompok. Tujuan penelitian untuk menguji keefektifan teknik permainan kelompok untuk mengurangi tingkat terisolasi siswa SMP kelas VII. Rancangan penelitian menggunakan desain one group pre-test and post-test. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 8 siswa berdasarkan survei awal hasil analisis sosiometri yang tidak dipilih oleh seorangpun dalam kelompok sebayanya dan hasil observasi yang memiliki skor tinggi dari skala penilaian. Analisis data menggunakan statistik inferensial non-parametrik dengan uji beda two related test Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan tingkat terisolasi siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan permainan kelompok pada subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan tingkat terisolasi siswa sesudah diberikan treatment dengan permainan kelompok menghasilkan nilai sebesar (z -2.527a) dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.012 sehingga diperoleh nilai probability error (p 0.012 0.05). Kesimpulan penelitian teknik permainan kelompok efektif untuk mengurangi tingkat terisolasi siswa SMP kelas VII. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan yaitu 1) guru atau konselor dapat menggunakan teknik permainan kelompok sebagai salah satu layanan untuk mengurangi tingkat terisolasi siswa dan 2) peneliti selanjutnya dapat menggunakan kelompok kontrol sebagai pembanding sehingga hasil yang diperoleh akan bisa memperkuat hasil penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2189 |
Actions (login required)
View Item |