Kajian kualitatif tentang representasi makroskopik, submimkroskopik dan simbolik terhadap sistem dan prinsip kerja larutan penyangga siswa kelas XI-IPS SMAN 1 Lawang / Brian Anggriawan

Anggriawan, Brian (2011) Kajian kualitatif tentang representasi makroskopik, submimkroskopik dan simbolik terhadap sistem dan prinsip kerja larutan penyangga siswa kelas XI-IPS SMAN 1 Lawang / Brian Anggriawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : kajian kualitatif, representasi makroskopik, submikroskopik dan simbolik, sistem dan prinsip kerja larutan peyangga. Pemahaman konsep kimia yang benar merupakan pondasi utama untuk dapat memahami konsep-konsep lain yang berkaitan dan lebih kompleks dengan benar. Materi larutan penyangga bersifat abstrak dan kompleks sehingga materi tersebut sukar untuk dipelajari, khususnya terkait dengan sistem dan prinsip kerja larutan penyangga. Pemahaman konsep kimia meliputi kemampuan untuk menggambarkan konsep dan fenomena yang terkait menggunakan representasi makroskopik, submikroskopik dan simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) representasi makroskopik, (2) representasi submikroskopik, (3) representasi simbolik serta (4) pola hubungan diantara ketiga tingkat representasi terhadap sistem dan prinsip kerja larutan penyangga pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Peranan peneliti di lapangan adalah sebagai instrumen dibantu protokol wawancara untuk melakukan wawancara mendalam. Partisipan penelitian adalah 8 siswa kelas XI-IPA SMA Negeri 1 Lawang yang telah dipilih secara sampel purposif. Analisis data yang dilakukan adalah menstranskrip hasil wawancara, mengidentifikasi, mengkaji representasi siswa dan membuat pernyataan umum terkait representasi seluruh siswa. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan adalah pemeriksaan sejawat, pengecekkan partisipan dan triangulasi dengan hasil penelitian lain. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diketahui representasi siswa sebagai berikut. (1) Sebagian besar siswa dapat merepresentasikan sistem dan prinsip kerja larutan penyangga pada tingkat makroskopik ditinjau dari cara pembuatan dan sifat larutan penyangga dengan benar; (2) Sebagian besar siswa dapat membuat gambaran submikroskopik sistem larutan penyangga asam mendekati keadaan sesungguhnya, namun menunjukkan pemahaman yang salah terhadap ionisasi asam lemah dalam larutan dan/atau tidak dapat menjelaskan efek ion senama. Di sisi lain, hanya sebagian kecil siswa yang dapat merepresentasikan prinsip kerja larutan penyangga pada tingkat submikroskopik, namun hanya terbatas pada menjelaskan reaksi dan perubahan mol kedua komponen larutan penyangga ketika larutan penyangga ditambahkan sedikit asam atau basa. Sedangkan siswa lainnya kesulitan menjelaskan reaksi yang terjadi ketika larutan penyangga ditambahkan sedikit asam atau basa; (3) Seluruh siswa dapat merepresentasikan sistem larutan penyangga pada tingkat simbolik dengan cara menghitung pH larutan penyangga asam yang dibuat dengan cara menambahkan larutan asam lemah dengan garamnya yang dibentuk dengan basa kuat. Di sisi lain, sebagian besar siswa tidak dapat merepresentasikan prinsip kerja larutan penyangga pada tingkat simbolik dengan cara menghitung pH larutan penyangga setelah penambahan sedikit asam maupun basa dengan benar; dan (4) Pola hubungan yang sering ditunjukkan oleh siswa adalah hubungan representasi tingkat makroskopik dengan tingkat simbolik. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan agar guru dapat mempersiapkan pembelajaran secara maksimal dan mengetahui pemahaman konsep siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21886

Actions (login required)

View Item View Item