Pengembangan modul sistem koloid dengan model pembelajar learning cycle 5 fase untuk SMK kelas XI semester 2 sebagai penunjang KTSP / Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul sistem koloid dengan model pembelajar learning cycle 5 fase untuk SMK kelas XI semester 2 sebagai penunjang KTSP / Wahyudi

Wahyudi (2011) Pengembangan modul sistem koloid dengan model pembelajar learning cycle 5 fase untuk SMK kelas XI semester 2 sebagai penunjang KTSP / Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Modul Model Learning Cycle 5 Fase Sistem Koloid SMK. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mewujudkan hal itu Pemerintah Indonesia meningkatkan sistem pendidikan nasional dengan melakukan pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kendala yang timbul adalah terbatasnya bahan ajar bagi siswa SMK. Untuk lebih mendukung proses pembelajaran yang berorientasi konstruktivistik maka diperlukan bahan ajar dengan model pembelajaran konstruktivistik misalnya Model Learning Cycle (LC) 5 Fase. Selama ini belum tersedia modul untuk pokok bahasan Sistem Koloid bagi SMK Oleh karena itu pada penelitian ini dikembangkan modul Sistem Koloid dengan model LC 5 Fase. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul dan RPP Sistem Koloid dengan model LC 5 Fase untuk Sekolah Menengah Kejuruan Kelas XI Semester 2 serta menguji tingkat kelayakannya. Modul dikembangkan dengan mengadaptasi desain Borg dan Gall yang terdiri dari sepuluh tahap pengembangan. Namun karena keterbatasan waktu pengembangan hanya dilakukan sampai tahap ketiga. Ketiga tahap tersebut adalah penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan produk pengembangan produk awal. Desain validasi terdiri dari dua macam yaitu validasi soal uji kompetensi dan validasi isi produk. Validasi soal uji kompetensi sejumlah 45 soal diujicobakan ke 40 siswa dan selanjutnya dianalisis validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya beda. Diperoleh nilai reliabilitas 0 906 dan diambil 25 soal yang valid dan reliabel untuk dimasukkan ke dalam modul. Tempat penelitian adalah SMK Negeri 2 Batu. Validator produk terdiri dari 1 dosen kimia dan 4 guru kimia SMK. Instrumen pengumpulan data berupa soal uji kompetensi dan angket validasi. Hasil validasi dianalisis dengan teknik analisis rata-rata. Hasil dari pengembangan adalah modul Sistem Koloid yang dilengkapi dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri dari beberapa bagian yaitu pendahuluan isi dan penutup. Hasil validasi terhadap modul Sistem Koloid menunjukkan rata-rata 3 55 yang berarti valid/baik/layak. Selain itu juga dihasilkan nilai rata-rata 3 48 pada data hasil uji terbatas siswa. Sedangkan hasil validasi pada RPP menunjukkan hasil 3 64 yang artinya valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul Sistem Koloid dengan pembelajaran Learning Cycle 5 fase layak untuk dilakukan uji lapangan oleh guru dalam pembelajaran Sistem Koloid di SMK Kelas XI semester 2 Sebagai Penunjang KTSP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21882

Actions (login required)

View Item View Item