Identifikasi pemahaman konseptual dan pemahaman algoritma dalam materi hukum gas pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Porong / Nisful Laila - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman konseptual dan pemahaman algoritma dalam materi hukum gas pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Porong / Nisful Laila

Laila, Nisful (2011) Identifikasi pemahaman konseptual dan pemahaman algoritma dalam materi hukum gas pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Porong / Nisful Laila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemahaman Konseptual Pemahaman Algoritma Hukum Gas Ilmu kimia merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam (IPA). Dalam ilmu kimia terdapat dua pemahaman yang harus dikuasai oleh siswa yaitu pemahaman konseptual dan pemahaman algoritma. Salah satu materi yang mencakup kedua pemahaman tersebut adalah hukum gas. Dalam pembelajaran dan evaluasi proporsi antara pemahaman konseptual dengan pemahaman algoritma harus seimbang namun selama ini pembelajaran kimia lebih menekankan pemahaman algoritma daripada pemahaman konseptual. Beberapa hasil penelitian menyimpulkan bahwa pemahaman konseptual jauh tertinggal dengan pemahaman algoritma. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian adalah untuk (1) mengetahui persentase jumlah siswa kelas X SMA Negeri 1 Porong yang menjawab (a) pertanyaan konseptual maupun algoritma dengan benar pada materi hukum gas (b) pertanyaan konseptual dengan benar tetapi salah dalam menjawab pertanyaan algoritma pada materi hukum gas (c) pertanyaan algoritma dengan benar tetapi salah dalam menjawab pertanyaan konseptual pada materi hukum gas (d) tidak dapat menjawab pertanyaan konseptual maupun algoritma pada materi hukum gas dan (2) mengetahui adanya perbedaan antara tingkat pemahaman konseptual dengan pemahaman algoritma siswa kelas X SMA Negeri 1Porong pada materi hukum gas. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Porong yang terdiri 7 kelas. Sampel penelitian adalah kelas X-1 dan X-2 yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel secara acak dengan pertimbangan (purposive random sampling). Instrumen penelitian berupa tes objektif yang berjumlah 30 butir pasangan konseptual dan algoritma. Instrumen valid dari segi isi maupun butir soal dengan realibilitas 0 953. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif yang meliputi analisis persentase tingkat pemahaman konseptual dan algoritma dalam 4 kategori. Untuk mengetahui adanya perbedaan antara tingkat pemahaman konseptual dengan pemahaman algoritma siswa dilakukan melalui uji beda (uji t) dengan taraf signifikansi 945 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa kelas X SMA Negeri 1 Porong yang menjawab (a) pertanyaan konseptual maupun algoritma dengan benar pada materi hukum gas sebesar 41 8% (b) pertanyaan konseptual dengan benar tetapi salah dalam menjawab pertanyaan algoritma pada materi hukum gas 12 7% (c) pertanyaan algoritma dengan benar tetapi salah dalam menjawab pertanyaan konseptual pada materi hukum gas 31 6% (d) tidak dapat menjawab pertanyaan konseptual maupun algoritma pada materi hukum gas 13 9% dan (2) ada perbedaan yang signifikan antara tingkat pemahaman konseptual dengan pemahaman algoritma siswa kelas X SMA Negeri 1 Porong dalam materi hukum gas dimana tingkat pemahaman konseptual (x 8 18) lebih rendah daripada tingkat pemahaman algoritma (x 11 06).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21880

Actions (login required)

View Item View Item