Identifikasi pemahaman siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang tahun ajaran 2010/2011 pada konsep hidrolisis garam / Lina Ariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang tahun ajaran 2010/2011 pada konsep hidrolisis garam / Lina Ariyanti

Ariyanti, Lina (2011) Identifikasi pemahaman siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang tahun ajaran 2010/2011 pada konsep hidrolisis garam / Lina Ariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemahaman konsep hidrolisis garam. Salah satu ciri konsep kimia adalah memiliki sifat abstrak berurutan/ berjenjang dan berkembang cepat dimana penguasaan konsep dasar mempengaruhi konsep lanjut yang terkait dengan konsep dasar. Materi asam-basa larutan penyangga dan hidrolisis garam merupakan konsep yang saling berkaitan. Konsep kekuatan asam-basa dan konsep asam-basa Bronsted Lowry merupakan konsep dasar yang diperlukan dalam mempelajari konsep hidrolisis garam. Kesalahan pemahaman konsep asam-basa mempengaruhi pemahaman siswa pada konsep hidrolisis garam. Hal ini menjadi pendorong diadakannya penelitian tentang pemahaman konsep hidrolisis garam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap (1) pengertian (definisi) hidrolisis garam (2) penentuan garam yang terhidrolisis dalam air serta jenis hidrolisisnya (3) penulisan persamaan reaksi hidrolisis (4) penentuan sifat larutan garam hasil hidrolisis dan (5) pH larutan garam. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang tahun ajaran 2010/2011 semester genap yang berjumlah 136 siswa dan terbagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA I dengan jumlah 34 siswa pengambilan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes obyektif terdiri dari 30 butir soal tes pemahaman siswa pada materi hidrolisis garam dengan tingkat kevalidan antara 0 13-0 63 daya beda antara 0 14-0 56 tingkat kesukaran antara 0 27-0 88 dan reliabilitas 945 0 843. Data dianalisis dengan menggunakan persentase yaitu jumlah siswa sesuai kategori dibagi dengan jumlah siswa keseluruhan dikalikan seratus persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang Tahun Ajaran 2010/2011 tentang pengertian (definisi) hidrolisis garam tergolong tinggi yaitu sebesar 70 58% tentang penentuan terhadap garam yang terhidrolisis dalam air serta jenis hidrolisisnya tergolong tinggi yaitu sebesar 68 10% tentang penulisan persamaan reaksi hidrolisis beberapa jenis garam tergolong tinggi yaitu sebesar 68 56% tentang Penentuan sifat larutan hasil hidrolisis garam tergolong cukup yaitu sebesar 60 10% tentang penentuan pH larutan garam tergolong cukup yaitu sebesar 60 63%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21879

Actions (login required)

View Item View Item