Penerapan pendekatan chemoentrepreneurship (CEP) dalam pembelajaran kimia materi pokok minyak bumi terhadap motivasi belajar, minat berwira usaha, kreativitas, dan kemampuan kognitif siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu / Rina Yuli Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan chemoentrepreneurship (CEP) dalam pembelajaran kimia materi pokok minyak bumi terhadap motivasi belajar, minat berwira usaha, kreativitas, dan kemampuan kognitif siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu / Rina Yuli Pratiwi

Pratiwi, Rina Yuli (2011) Penerapan pendekatan chemoentrepreneurship (CEP) dalam pembelajaran kimia materi pokok minyak bumi terhadap motivasi belajar, minat berwira usaha, kreativitas, dan kemampuan kognitif siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu / Rina Yuli Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pendekatanchemoentrepreneurship (CEP) minatberwirausaha motivasibelajar kreativitas kemampuankognitif minyak bumi Upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia telah lama dilakukan. Namun sampai saat ini mutu pendidikan masih jauh dari harapan. Selain itu tidak semua lulusan SMA melanjutkan ke Universitas. Sementara para lulusan SMA belum mempunyai bekal atau belum dipersiapkan untuk bekerja. Oleh karena itu para siswa SMA perlu diberi pemahaman tentang berwirausaha sebagai bekal dirinya untuk memulai atau melanjutkan kegiatan secara layak. Untuk itu perlu pengembangan pembelajaran yang dapat meningkatkan minat berwirausaha serta motivasi belajar siswa yang terintegrasikan dalam mata pelajaran yang ada di SMA. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat dikembangkan pada mata pelajaran kimia adalah chemoentrepreneurship (CEP). Pendekatanchemoentrepreneurship (CEP) adalahpendekatanpembelajarankimia yang dikaitkandenganobjeknyatasehinggaselaindididik siswadapatmempelajari proses pengolahansuatubahanmenjadiproduk yang bermanfaat bernilaiekonomidanmenumbuhkansemangatberwirausaha.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanpendekatan CEP terhadappeningkatanmotivasibelajar minatberwirausaha kreativitasdankemampuankognitifsiswapadamateriminyak bumi. Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptif. Teknikpengumpulan data dilakukansebelumdansetelahpenerapanpendekatan CEP.Data minatberwirausahadanmotivasibelajarsiswadiperolehsebelumdansetelahpenerapan CEP sedangkan data kreativitasdankemampuankognitifsiswadiperolehsetelahpenerapanpendekatan CEP.Instrumendalampenelitianiniterdiridariinstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.Instrumenpengukuran yang digunakanberupatesdan non tes.Analisisdata hasilpenelitianmeliputianalisisdeskriptifkuantitatif. Berdasarkanhasil an lisis data tersebut diperolehempatsimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut. Pertama penerapanpendekatan CEP memberikanpeningkatanterhadapmotivasibelajarsiswa. Kedua penerapanpendekatan CEP memberikanpeningkatanterhadapminatberwirausahasiswa. Ketiga setelah pembelajaran dengan pendekatan CEP sebanyak 50% siswa telah memiliki kreativitas yang tinggi bahkan 50% siswa dalam kategori sangat tinggi.Keempat hasilperhitunganpersentaseketuntasanklasikal yang diperolehsebesar 90 62% dansudahmencapaitolokukurkeberhasilan yang ditetapkanolehsekolah yaitusekurang-kurangnya 85% siswamemperolehnilai 8805 70 (tuntasbelajar).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21878

Actions (login required)

View Item View Item