Pengembangan modul larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit dengan model pembelajaran learning cycle 5 face untuk Sekolah Menengah Kejuruan kelas X program keahlian analisis kimia / Mahful Ubaet - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit dengan model pembelajaran learning cycle 5 face untuk Sekolah Menengah Kejuruan kelas X program keahlian analisis kimia / Mahful Ubaet

Ubaet, Mahful (2011) Pengembangan modul larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit dengan model pembelajaran learning cycle 5 face untuk Sekolah Menengah Kejuruan kelas X program keahlian analisis kimia / Mahful Ubaet. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Modul Model Learning Cycle 5-E Larutan elektrolit dan Larutan Nonelektrolit. Kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan bahan ajar yang tepat. Salah satu bahan ajar yang dapat dipakai adalah berupa modul. Materi yang dikembangkan dalam pengembangan modul adalah larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit dengan menggunakan model Learning Cycle 5-E. Tujuan dari pengembangan modul adalah 1) untuk menghasilkan modul dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan model Learning Cycle 5-E untuk Sekolah Menengah Kejuruan dan 2) untuk mengetahui kesesuaian modul dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan model Learning Cycle 5-E serta kelayakannya untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar kimia. Strategi pengembangan modul yang digunakan adalah strategi pengembangan Borg dan Gall. Dalam strategi Borg dan Gall terdapat sepuluh langkah pengembangan namun karena keterbatasan waktu dan biaya untuk penelitian dan pengembangan modul larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit dibatasi sampai langkah kelima yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) Validasi draf produk kepada validator (5) Merevisi hasil validasi yaitu memperbaiki atau menyempurnakan hasil validasi. Desain validasi terdiri dari dua macam yaitu validasi isi produk (modul dilengkapi RPP) dan validasi soal uji kompetensi. Validator produk terdiri dari 1 dosen kimia dan 5 guru SMK. Sedangkan soal yang divalidasi sejumlah 45 soal dan diujicobakan kepada 40 siswa. Hasil dari pengembangan adalah modul Larutan Elektrolit dan Larutan Nonelektrolit yang dilengkapi dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dari analisis soal uji kompetensi diambil 20 soal yang memiliki nilai validitas antara 0 343-0 754 nilai tingkat kesukaran antara 0 35-0 70 nilai daya beda antara 0 40-0 70 dan nilai realibilitasnya adalah 0 898. Hasil analisis nilai rata-rata terhadap validasi modul dari 6 validator diperoleh 3 03 dengan kriteria penilaian valid/baik/layak. Hasil validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan diperoleh nilai rata-rata sebesar 3 30 dengan kriteria sangat valid/baik/layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21870

Actions (login required)

View Item View Item