Pengembangan modul latihan self-asssessment sebagai rangkaian tahap perencanaan karier siswa SMA / Eni Rindi Antika

Antika, Eni Rindi (2015) Pengembangan modul latihan self-asssessment sebagai rangkaian tahap perencanaan karier siswa SMA / Eni Rindi Antika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Antika, Eni Rindi. 2015. Pengembangan Modul Latihan Self-Assessment sebagai Rangkaian Tahap Perencanaan Karier Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Andi Mappiare AT, M. Pd. (II) Dra. Ella Faridati Zen, M. Pd. Kata Kunci: latihan self-assessment, perencanaan karier, siswa SMA Siswa SMA berada pada fase eksplorasi dalam tahap perkembangan karier, yaitu mulai memikirkan berbagai alternatif karier namun belum mengambil keputusan yang mengikat. Sebelum mengembangkan alternatif karier, siswa harus memahami diri (self-assessment). Self-assessment adalah suatu cara sebagai bagian dari upaya mengetahui diri (self-knowledge), yang merupakan dasar atau tahap awal proses perencanaan karier.Namun kenyataannya, masih banyak siswa yang belum mampu memahami diri dengan baik. Salah satu dampak kurangnya pemahaman terhadap diri adalah banyaknya siswa yang salah jurusan. Selain itu, konselor belum memberikan layanan untuk membantu siswa memahami dirinya. Hal ini disebabkan karena keterbatasan waktu bimbingan di sekolah dan belum adanya media yang dapat membantu konselor. Dengan demikian perlu dikembangkan Modul Latihan Self-Assessment sebagai Rangkaian Tahap Perencanaan Karier Siswa SMA dan panduannya. Tujuan pengembangan ini secara umum adalah menghasilkan produk yang berterima secara teoretis dan praktis. Secara spesifik pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Latihan Self-Assessment sebagai Rangkaian Tahap Perencanaan Karier Siswa SMA dan panduannya yang berterima dari segi isi dan format atau desainnya. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Borg and Gall (1983). Adapun prosedur pengembangannya adalah: (1) tahap I studi pendahuluan dan perencanaan: menentukan masalah dan melakukan studi pustaka, (2) tahap II pengembangan produk: menyusun prototipe, isi dan alat evaluasi produk, (3) tahap III uji coba produk: penilaian ahli (ahli materi BK dan ahli media), dan uji coba calon pengguna produk (konselor dan siswa), (4) tahap IV: revisi produk, dan (5) produk akhir. Produk yang dihasilkan adalah Modul Latihan Self-Assessment sebagai Rangkaian Tahap Perencanaan Karier Siswa SMA dan panduannya. Berdasarkan hasil penilaian ahli dan uji calon pengguna (konselor dan siswa), secara keseluruhan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan ÔÇ£sangat baikÔÇØ. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk dapat berterima secara teoretis dan praktis. Keberterimaan ditinjau dari segi isi dan format atau desainnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disarankan kepada konselor sebagai pengguna produk untuk mempelajari dan memahami modul serta panduannya sebelum mengaplikasikannya. Bagi pengembang selanjutnya, hasil pengembangan ini dapat dilanjutkan dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan modul dalam membantu siswa melakukan latihan self-assessment sehingga dapat merencanakan kariernya secara matang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item View Item